Ekspedisi Perintis Maritim UB Galang Donasi

MEPNews.id – Tiga puluh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Perintis Maritim (EPM) 2018 akan berpartisipasi dalam kegiatan membangun daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Pengabdian Masyarakat ini dilakukan 26 Januari sampai 6 Februari 2018 di Pulau Masakambing, di perairan laut Jawa, Kabupaten Sumenep. Kegiatan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ini bekerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB dan Komunitas Pemuda Rintara Jawa Timur.

Tujuan ekspedisi untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan kemaritiman di pulau-pulau terkecil, dalam bidang kesehatan lingkungan, pengembangan ekonomi, dan pendidikan. Program untuk kesehatan lingkungan antara lain aktivasi poliklinik desa, pendataan mangrove, dan konservasi binatang endemik Kakatua Jambul Kuning.

Dalam pengembangan ekonomi, akan dilakukan pelatihan usaha kreatif, penyuluhan pemasaran produk keripik pisang dan abon ikan, serta pasar murah. Di bidang pendidikan ada tiga program kerja. Pertama, menanamkan nilai kebangsaan dan cinta tanah air dengan mengadakan pelatihan upacara pengibaran bendera. Kedua, pengajaran bahasa Inggris. Ketiga, memperbaiki serta meningkatkan isi perpustakaan yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Rumah Baca KaYa (Kakatua Brawijaya) Jilid 2.

Sebagaimana dikabarkan situs resmi prasetya.ub.ac.id edisi 11 Januari 2018, Oky Ravenialdy, salah satu peserta, menyampaikan kegiatan ini tindak lanjut dari Ekspedisi Nusantara Jaya yang dilakukan Agustus 2017. “Selama di sana, yang akan kami lakukan antara lain mengajar anak penduduk asli Masakambing, membuat produk olahan makanan khas Masakambing dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat lokal, serta membuat kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat lokal,” papar mahasiswa Sosiologi FISIP-2015 ini.

Tim ekspedisi ini juga mengajak masyarakat turut serta memberikan sebagian rezeki, berupa bantuan/donasi untuk membangun negeri. Donasi dapat berupa makanan pokok, alat tulis, Al Qur’an dan alat sholat, buku, pakaian layak pakai, dan uang tunai. Donasi dapat dikirimkan sampai 20 Januari 2018 ke alamat Jl. Mayjend Panjaitan No. 62, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65126. Untuk informasi lebih lanjut tentang donasi dalam bentuk lain, silakan hubungi narahubung Ogi di 085843556008. (Irene Paramita)

Facebook Comments

POST A COMMENT.