TNI-Masyarakat Bersih-bersih Telaga Pegat

MEPNews.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 0817 Kab. Gresik bersama berbagai komponen masyarakat melakukan aksi bersih-bersih Telaga Pegat di kawasan Giri, Jumat (12/1/2018). Bakti sosial itu mereka lakukan karena telaga peninggalan Sunan Giri itu banyak ditumbuhi rumput/tanaman liar, sehingga membuat permukaan telaga semrawut.

Ketika digelar apel persiapan pukul 06.30, masih sedikit anggota yang hadir. Demikian juga masyarakat sekitar telaga. Baru sekitar pukul 07-an sekitar 100 warga  yang berasal dari Kelurahan Sidomukti, Ngargosari, Kawisanyar, dan Giri berdatangan. Mereka membabat dan mengangkat kangkung serta lumut yang memenuhi permukaan telaga.

Kodim Gresik menerjunjan 75 personel, Satpol PP 20 anggota, Polres Gresik 25 anggota, serta ada sekitar 20 anggota Pramuka. Kangkung dan tananaman pengganggu lainnya dibersihkan, selanjutnya diangkut dengan truk ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Ngipik di kawasan industri Petrokimia Gresik.

Komandan Kodim 0817 Letkol (Kav) Widodo yang datang bersama petugas dari jajaran Polres, Muspika Kebomas dan BNPB menaiki perahu karet untuk membersikan rerumputan yang menutupi permukaan telaga. Sebenarnya Dandim pagi itu ada undangan menghadiri serah terima jabatan (Sertijab). Tetapi, ia menilai kegiatan bersama warga lebih penting karena manfaatnya dirasakan langsung oleh warga.

Salah seorang warga Kelurahan Sidomukti Joni mengaku, saat ini telaga Pegat tetap dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci pakaian oleh warga sekitar telaga. Hanya saja, jumlahnya jauh berkurang setelah PDAM masuk ke kampung-kampung sekitar telaga.

“Kalau zman PDAM belum masuk dulu, ya hampir 24 jam telaga ini ramai orang mandi dan cuci. Saat ini sudah jauh berkurang, dan bagi kami sangat bangga dengan bapak-bapak dari TNI ysng dengan semangat ikut bekerja bakti dari awal hingga selesai tanpa henti,” katanya. (sto)

Facebook Comments

POST A COMMENT.