Dr Murphin Sembiring : Di China Guru dan Dosen “Diupgrade” Sistematis

MEPNews.id — Mutu pendidikan yang utama ternyata dari guru atau dosen bukan siswa atau mahasiswa. Hal itu juga terjadi di China. Maka disana guru dan dosen diupgrade terus secara sistematis.

Penegasan itu disampaikan Dr. Murpin Josua Sembiring, S.E., M.Si, Rektor Universitas Widya Kartika Surabaya setelah pulang dari kunjungan sepekan ke China.

“Karena itu Dosen dan Guru harus yang kompeten, kreatif, peka terhadap keadaan murid atau mahasiswa, ” tegasnya.

Murphin memberi contoh yang ia amati di China.

” Disini guru dan dosen paham, bahwa kalau ada muridnya sedang tidak konsentrasi, tidak fokus dengarkan pelajaran maka guru langsunh dialihkan dengan metode game, bermain tapi tetap mengarah pada materi.

Setelah lama saya pelajari kata Murphin, dalam diskusi dalam seminar besar dan diskusi-diskusi intensif dg tokoh-tokoh pendidikan di beberapa wilayah tiongkok saya menyimpulkan guru harus kompeten.

Selain itu, guru diupgrading secara kontinu hal teknologi pembelajaran update materi dan seterusnya. guru dan dosen di china kreatif dengan pola, teknik ngajar dan media-medianya.

“Jadi kunci utama sukses pendidikan dengan keluarannya dipundak guru. Jadi guru harus panggilan hati dan kompeten yang diupgrade terus secara tersistem dan serius.” (Cya)

IMG-20180106-WA0059
Foto: Putri Dr Murphin lulusan S1 teknik nuklir di UGM Yogya, melanjutkan studi bahasa Mandarin di Huaqio University 1 tahun untuk berikutnya kuliah S2 teknik nuklir di China.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.