Bill Gates Memprediksi 6 Inovasi ini Bisa Mengubah Dunia

MEPNews.id – Jalannya dunia dan berkembangnya peradaban manusia tak lepas dari penemuan-penemuan yang berpengaruh besar. Ketika menemukan mesin cetak pada pertengahan abad 15, Johann Gutenberg mengubah jalannya sejarah. Ilmu dan agama yang sebelumnya tersimpan di kerajaan atau gereja berubah menjadi bisa dipelajari siapa saja. Perobahan besar juga terjadi seiring temuan vaksin polio oleh Jonas Salk pada 1953, atau pemrogram komputer oleh Admiral Grace Hopper pada 1950-an.

Nah, sekarang, apa yang akan menjadi penemuan besar berikutnya untuk bisa mengubah sejarah peradaban? Bill Gates, pendiri Microsoft, menuliskan gagasannya untuk Time edisi 4 Januari 2018. Ia menyebut enam inovasi yang patut dicertmati.

Pertama, penyimpanan yang lebih baik untuk vaksin.

Vaksin telah menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia, namun gampang rusak jika tidak disimpan pada suhu tepat. Tim dari Global Good di Seattle telah menciptakan kulkas baru yang disebut MetaFridge. Kulkas ini tetap dingin untuk menjaga agar vaksin aman bahkan saat terjadi pemadaman listrik lama. Para inovator juga membuat pendingin portabel yang memungkinkan vaksinasi bergerak lebih jauh dan menjangkau anak-anak di tempat paling terpencil.

Kedua, penyuntingan gen.

Menurut Gates, ini inovasi besar. Bayangkan suatu saat nanti kita bisa mengedit DNA orang sakit agar lebih baik atau mengeluarkan gen penyebab nyamuk menularkan malaria. “Kita masih dalam tahap awal dalam pengembangan alat penyuntingan gen. Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang bagaimana menggunakan teknologi ini secara bertanggung jawab. Tapi saya lebih berharap tentang berbagai kemungkinannya.”

Ketiga, energi dari matahari.

Untuk mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak perubahan iklim, menurut Gates, kita perlu banyak pendekatan berbeda. “Baru-baru ini saya mengunjungi laboratorium di Caltech tempat para periset mengeksplorasi cara mengubah energi matahari menjadi bahan bakar. Memang kita masih jauh dari hari-hari saat kita dapat mengisi mobil dengan bahan bakar dari matahari. Namun, pendekatan kreatif Caltech memberi saya harapan bahwa kita akan mencapai keajaiban energi dalam waktu dekat.”

Keempat, vaksin mRNA.

Sebagian besar vaksin menggunakan virus yang lemah atau tidak aktif untuk merangsang tubuh kita menciptakan kekebalan untuk mencegah serangan penyakit. Para ilmuwan sedang mempelajari bagaimana menggunakan bahan genetik yang akan membuatnya lebih cepat dan lebih murah untuk mengembangkan vaksin baru. “Jika kita bisa mengajari tubuh untuk menciptakan pertahanan alami, kita bisa merevolusi cara kita mencegah penyakit,” tulis Gates.

Kelima, ketepatan pengobatan.

Pernahkah Anda harus minum obat pada waktu yang sama setiap hari? Jika pernah maka Anda tentu tahu betapa mudahnya terlupa melewatkan waktu harus minum obat. Nah, perusahaan bernama Intarcia ingin mengubah kemungkinan terlupa. Mereka menciptakan perangkat kecil yang ditanam di bawah kulit untuk secara perlahan melepaskan obat dari waktu ke waktu secara teratur. “Teknologi ini dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah penyakit dengan lebih baik. Namun, yang saya paling sukai adalah profilaksis HIV. Satu implan bisa melindungi seseorang yang berisiko terkena HIV hingga satu tahun,” tulis Gates.

Keenam, kecerdasan buatan.

“Dari semua inovasi dalam daftar ini, artificial intelligence (AI) sepertinya taruhan paling pasti untuk mengubah cara kita menjalani hidup. Tentu AI akan menciptakan tantangan baru yang perlu kita hadapi. Antara lain; bagaimana melatih pekerja yang kehilangan pekerjaan akibat otomatisasi. Tapi, saya pikir kecerdasan buatan ini akan membuat hidup kita lebih produktif, lebih efisien, dan lebih mudah secara keseluruhan.”

Facebook Comments

POST A COMMENT.