UPL MPA UNSOED Siap Mendaki Aconcagua

MEPNews.id – Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam (UPL MPA) Universitas Jenderal Soedirman/UNSOED memiliki mimpi besar membawa nama kampus ke tujuh puncak tertinggi dunia (Seven Summits of The World). Setelah mendaki Gunung Elbrus di Rusia pada 2005, Gunung Kilimanjaro di Tanzania pada 2009, dan Gunung Jayawijaya di Papua pada 2012, dan satu pendakian internasional Gunung Huascaran di Peru pada 2016, UPL MPA berencana mendaki Gunung Aconcagua di Argentina pada Desember 2018. Ekspedisi ini dinamai Soedirman Spirit on The Top of The White Sentinel.

“Selain karena visi tahun 90’an, pendakian Aconcagua ini hal penting untuk menjaga nama besar Universitas Jenderal Soedirman. Kebanyakan pecinta alam di kampus–kampus besar lain memiliki visi yang sama. Universitas Jenderal Soedirman berlomba dengan kampus lain untuk menyelesaikan pendakian tujuh puncak dunia,” ujar Arizal Maulana dari Fakultas Hukum selaku ketua Tim Ekspedisi Soedirman VII ini, dikutip situs resmi unsoed.ac.id 5 Januari 2018.

Ekspedisi Soedirman VII, selain melakukan pendakian di Aconcagua, juga akan membawa misi pengenalan kopi dan budaya Indonesia. Yang akan dibawa rencananya Kopi Toraja, Kopi Wamena, Kopi Kintamani, Kopi Gayo, Kopi Luwak dan Kopi Sonya. “Ini representasi dari wilayah–wilayah di Indonesia. Alasan pengenalan kopi juga berbanding lurus dengan tren kopi yang sedang mencapai klimaksnya. Diharapkan pengenalan kopi Indonesia ke masyarakat internasional akan berdampak pada ekspor kopi Indonesia,” ungkapnya.

Pengenalan budaya Indonesia rencananya dilakukan di sejumlah kampus di Argentina. Materi pengenalan pariwisata, kesenian, serta demonstrasi kuliner. “Ini juga kami lakukan di Peru tahun lalu. Tahun ini kami juga melakukan pengenalan budaya. Hal tersebut cukup mudah dilakukan, namun memiliki hasil cukup efektif. Rencananya, kami bekerja sama dengan KBRI di Buenos Aires untuk kegiatan ini,” ungkap Arizal.

Facebook Comments

POST A COMMENT.