Letto dan Pohon Keluarga, Metode “Menyapa” Anak Muda

MEPNews.id —- Disetiap pertemuan, silaturahmi atau arisan keluarga besar yang melibatkan puluhan keluarga dari garis kakek nenek, atau buyut, anak muda dan anak-anak biasanya hanya menjadi penonton ayah ibunya yang sedang berkumpul.

Karena itulah pertemuan Bani Lathif asal Sumobito Jombang yang diadakan di TKIT Alhamdulillah, keluarga Cak Nun (Emha Ainun Nadjib), 25/12 kemarin, mencoba mencari cara agar anggota muda keluarga ikut terlibat dalam silaturahmi.

Adalah Avin, dari keluarga Bani Muhammad yang menggagas pohon keluarga.

“Ketika para orangtua sedang dialog pendidikan, kami anak anak muda kumpul. Bersama sama menyusun pohon keluarga. Mereka membangun pohon keturunan,” tegas Avin.

Caranya, setiap anak menuliskan namanya, saudara kandungnya, kakek neneknya hingga buyutnya. Lantas mereka merangkai menjadi pohon keluarga.

“Banyak yang lupa nama kakek neneknya. Tapi dengan saling mencari sesama sepupu, maka mereka kemudian menemukan. Bahkan bagi yang tidak tahu mereka lari menemui ayah ibunya untuk mencari informasi yang valid.”

Hasilnya, luar biasa. Tersusun pohon keluarga yang indah. Para remaja merasakan dilibatkan dan mereka kenal saudaranya lebih dekat karena adanya interkasi langsung. Bahkan kemudian dipresentasikan didepan para orangtua mereka semua.

IMG-20171224-WA0137
Sementara malam harinya, Letto, group band pimpinan Noe Sabrang, Juga ikut membantu meraketkan anak anak muda dengan orangtua dalam paket acara musik edukasi.

Anak anak, remaja dan para orangtua tidak hanya diajak bernyanyi tetapi diajak dengan berbagai game yang mengharuskan mereka kosentrasi, serius dan tanggap.

“Saya ajak anak anak muda meledakkan dirinya. Berani berpendapat, berani berpikir cepat dan tanggap menghadapi permainan,” tegas Noe Letto yang juga cicit mbah Lathif.

Apa yang terjadi, selama 2 jam terjadi interkasi aktif. Sambil disela selanya ada beberapa lagu hits lettoa yang dinyanyikan bersama, tetapi suasana belajar, bermain menjadi satu dalam dialog. (Mmc)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.