Musim Liburan, Tetap Kendalikan Pola Makan

MEPNews.id – Musim liburan akhir tahun tentu berbeda dengan hari-hari lain yang penuh kesibukan. Selain bepergian, selalu ada suasana semacam perayaan untuk mengisi liburan. Pada masa-masa seperti ini, orang sering menjajal atau terpaksa mencicipi makanan dan minuman yang kadang tidak didapatkan sehari-hari.

Makanan bisa menjadi pusat dari banyak acara liburan, terutama bila saat kita dalam situasi seperti dalam pesta liburan, wisata kuliner, atau pertemuan keluarga. Peluang untuk menikmati makanan baru memang banyak, namun risiko terhadap tubuh juga meningkat. Tentu saja, boleh saja makan –kecuali karena memang dilarang dan karena berlebihan.

Abigail Sussman, Adam Alter, dan Anna Paley dalam karya berjudul ‘Healthy or Unhealthy? Large or Small? How Context and Language Shape Consumption Preferences’ di jurnal Advances in Consumer Research, Volume 44, 2016, menunjukkan, ketika orang disajikan makanan dalam konteks luar biasa, maka mereka sering makan lebih banyak. Orang kemudian lupa tidak menebus kadar peningkatan kalori di kemudian hari.

Dalam otak, kalori tambahan ini nampak tak berbeda dibanding kalori standar yang kita konsumsi. Namun, lingkar pinggang kita tidak dapat berbohong. Maka, saat menghadapi jamuan makan luar biasa, beberapa taktik perilaku berikut bisa diupayakan untuk mengontrol pola makan:

  • Ambil porsi lebih kecil;

Kita biasanya lebih memperhatikan jumlah makanan yang disajikan. Kita cenderung menikmatinya sampai piring kosong, daripada mempertimbangkan rasa kenyang. Maka, dengan porsi kecil, kita bisa mengontrol perasaan itu. Jika masih lapar, silakan ambil lagi atau ambil yang lain.

  • Pilih piring lebih kecil;

Relativitas membuat kita merasa seperti melayani diri sendiri lebih daripada biasanya. Biasanya kita menggunakan indikasi piring penuh untuk berhenti melayani diri sendiri. Maka, dalam situasi banyak makanan, piring kecil bisa mengisi lebih cepat daripada piring besar!

  • Ambil yang sehat lebih dahulu;

Karena banyaknya godaan jumlah dan jenis makanan, kita bisa terlalu optimis tentang seberapa banyak bisa muat di piring dan cenderung mengambil porsi lebih besar sejak awal. Maka, karena sudah menentukan porsi dan piring kecil, dahulukan ambil makanan sehat. Nikmati sampai habis. Jika kurang, silakan jajal jenis makanan lain.

  • Jangan lupa, banyak bergerak;

Meski liburan, jangan habiskan waktu hanya untuk makan dan tiduran. Banyak gerak membuat kalori banyak terbakar sehingga tubuh lebih sehat.

Facebook Comments

POST A COMMENT.