Bagaimana Menikmati Liburan Saat Kena Kanker?

MEPNews.id – Akhir tahun identik dengan musim liburan. Umumnya, ini adalah saat yang meriah dan menggembirakan. Ini juga waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Namun, suasana tidak terlalu gembira bisa jadi dirasakan sejumlah orang sakit. Maka, menjadikan musim liburan untuk pertemuan yang menggembirakan bakal menjadi tantangan tersendiri saat Anda sedang menderita kanker.

“Musim liburan juga bisa menimbulkan tantangan atau stres bagi orang-orang yang sakit,” kata Courtney Vastine, pekerja sosial kanker di Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, dikutip HealthDay News, 18 Desember 2017. “Penyakit tidak hanya bisa terjadi pada satu orang, juga bisa dirasakan anggota keluarga dan teman. Maka, penting untuk diingat, tidak ada cara yang benar atau salah dalam menangani liburan. Si sakit harus menemukan yang terbaik bagi dirinya.”

Maka, saat Anda yang sedang sakit dilibatkan dalam aktivitas musim liburan, Vastine memberi beberapa saran;

  • Bersiaplah secara emosional untuk tantangan khas liburan. Antara lain; terlalu bergembira, ada sejumlah kekecewaan, dan bahkan ketakutan. Jika siap mental, keadaan apa pun akan lebih bisa diterima.
  • Buat semua jadi lebih sederhana. Jika Anda menjadi tuan rumah, buat pertemuan kecil-kecilan saja. Tak perlu harus memasak untuk semua orang, boleh juga pesan makanan dari catering. Kalau ada tamu yang bawa makanan sendiri, sambutlah dengan baik.
  • Mintalah orang lain untuk membantu membuat dekorasi, belanja, memasak dan menghibur. Jika mereka tidak tahu caranya, buatlah daftar tugas.
  • Jika belanja di pasar atau di toko Anda rasa berat, cobalah beli online beberapa hari sebelumnya. Jika uang ketat, tetapkan anggaran dan patuhi.
  • Jangan merasa harus ikut serta dalam setiap aktivitas liburan. Seleksi aktivits liburan untuk menghemat energi yang lebih penting bagi Anda. Tidak apa-apa membatalkan beberapa rencana lalu luangkan waktu untuk diri sendiri saat Anda lebih membutuhkannya.
  • Sadari bahwa kanker bisa mengubah bagaimana orang berhubungan dengan Anda. Maka, ada baiknya untuk mengirim pesan via medsos atau menelpon anggota keluarga terlebih dahulu untuk memberi tahu mereka kondisi perasaan Anda. Tujuannya untuk mengurangi perasaan canggung saat mereka melihat Anda.
  • Mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran Anda pada orang lain dapat mengurangi stres liburan. Tidak apa-apa jika Anda merasa perlu untuk menangis.
  • Jika Anda tidak ingin membicarakan penyakit Anda, beritahu juga anggota keluarga Anda.

 

Facebook Comments

POST A COMMENT.