Ketika Ibu-ibu Menulis atas Kesalahannya Menggunakan Kata Negatif, Apa yang terjadi?

Suasana dialog Menyapa dengan Hati di Bandung (foto: Teddy).

MEPNews.id —- Dalam banyak seminar parenting, orangtua selalu menjadi obyek acara. Alasannya, orangtua di Indonesia banyak yang tidak mau belajar. Maka, digelarlah berbagai acara untuk orangtua.

“Akibatnya orangtua hanya mendengarkan. Kalaupun berdialog hanya ada di akhir acara. Model pendidikan semacam ini terasa monoton. Maka MEPTraining Center mulai mencari metode yang melibatkan orangtua secara langsung,” tegas Yusron Aminulloh, Senin (18/12) di Bandung.

Keterlibatan ini, tegas Master MEP ini adalah agar orangtua aktif langsung terlibat. Bahkan suasana menjadi segar karena ada nuansa polos dalam dialog.

“Misalnya, saya minta orangtua menulis 5 kata yang tidak boleh diucapkan orangtua, namun diam-diam masih digunakan dalam kehidupan sehari hari.”

Hasilnya, para orang tua nemukan 5 kata negatif tersebut. Bohong, pemalas, bodoh, curang dan sombong.

“Yang menarik, ibu bapak peserta seminar kemudian berhasil menemukan kata pengganti yang bagus dari yang negatif dan positif. Dengan mereka menyusun sendiri, kemudian membacakan didepan audince apa yang ia sudah tulis semua ketawa dan tepuk tangan, ” tegas Yusron. “Apalagi kemudian kata penggantinya dinilai janggal. Ataupun cerdas,” tambahnya.

Beda misalnya tegas Yusron. kalau mentor atau narasumber berceramah, menunjukkan mana kata-kata buruk mana kata-kata baik, maka bisa jadi itu lewat begitu saja. Materi itu tanpa kesan yang membekas.

IMG-20171218-WA0058 IMG-20171218-WA0057

“Ketika seorang ibu menulis sendiri apa yang salam dalam dirinya? itu seperti ikrar akan keinginan mengubah sendiri perilakunya. Mengubah kata buruk buruknya menjadi kata- kata yang baik.”

Bahkan Yusron menyebut, metode ini dapat dipakai materi apa saja. Bukan sekadar membahas soal kata dan kalimat yang salah. Dengan ragam pengembangan masing masing. Agar seminar parenting semakin menemukan pola yang langsung manfaat untuk orangtua (Anang)

Facebook Comments

POST A COMMENT.