Berbekal Semangat, BTM Dinar Nasyi’ah Kelola Dana Milyaran Rupiah

MEPNews.id – BTM Dinar Nasyi’ah berdiri pada 2008 dari komunitas 25 wanita muda dan mahasiswa yang menanam saham masing-masing Rp 100 ribu sebagai simpanan pokok dan Rp 2.000 untuk simpanan wajib. Dalam sembilan tahun, dana yang dikelola berkembang mencapai Rp 2 milyar dari awalnya hanya Rp 2,5 juta.

BTM ini beroperasi dari Desa Mojokampung di kota Bojonegoro, Jawa Timur. Program yang dikembangkan seputar simpan pinjam untuk anggota dan masyarakat sekitar. Tiap akhir tahun, rencana anggaran dan rencana kerja dievaluasi dan diperbaiki sebelum Rapat Anggota Tahunan dilaksanakan.

Ketua BTM Erni Megawati mengajak seluruh anggota aktif menabung dan meminjam. Sampai saat ini, jumlah anggota tetap dan anggota pendiri sudah 300 lebih, dengan minimal plavon pinjaman Rp 1 juta sampai Rp 50 juta. Hasilnya, modal anggota setiap tahun bertambah, begitu juga sisa hasil usaha (SHU) yang dibagi ke anggota. Pada akhir 2017, SHU mencapai Rp 100 juta-an yang dibagiakan sesuai Akte Pendirian.

Amanah anggota, yakni selalu istiqomah melayani dengan hati dan mengelola secara profesional, selalu diutamakan para pengurus. Hasilnya, BTM Dinar Nasyi’ah pernah menjuarai Kopsyah terbaik 2 tingkat Kabupaten dan Harapan 1 tingkat Propinsi. BTM ini juga menjadi cikal bakal pengembangan ekonomi sektor KSP syari’ah yang prospektif untuk dikembangkan.

Semoga selalu semangat. (Khusna)

Facebook Comments

POST A COMMENT.