Menjadikan Anak Suka Matematika

honesty3

Oleh : Baldwine Honest, M.Pd

MEPNews.id —- Matematika identik dengan sesuatu yang rumit. Karena terasa rumit, maka tak jarang orangtua merasa harus perlu tenaga ekstra untuk mengajarkan kepada anak. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Matematika memang bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi dengan cara mengenalkan serta belajar yang menarik akan mendorong anak menyukai dan tidak takut dengan matematika. Anak sejak dini perlu belajar matematika, bergelut, dan merasakan matematika sebagai bagian kehidupannya. Interaksi dan aktifitas pengajarannya harus menantang, menarik, dan menjadi kebutuhannya, bukan karena dipaksa atau terpaksa.

Mengajarkan matematika untuk anak balita, harus sesuai dengan cara berpikir anak. Yaitu, dari kongkrit menuju abstrak, dari yang mudah menuju sulit, dan dari yang sederhana menuju ke yang lebih kompleks. Misalnya saja, untuk mengajarkan bilangan 5, jangan langsung menghafalkan tanpa tahu konsepnya. Kita harus menunjukkan benda-benda sejumlah 5, sambil menghitung bersama. Setelah itu baru kita ajarkan angka 5.
Anak akan lebih mudah mengerti, bila belajar melalui aktivitas bermain, karena bermain adalah dunia anak Anak bisa belajar matematika melalui permainan dan eksplorasi seperti bercerita, mendengarkan cerita, bernyanyi, permainan imajinatif, maupun bermain peran.
Mengajarkan matematika jangan langsung dimulai dari hal yang sulit. Kita harus mengajarkan dari hal yang sederhana, misalnya membandingkan kelompok benda, membandingkan ukuran benda, mengelompokkan benda sesuai jenisnya, dan mengenal bentuk-bentuk geometri Kemudian menjelaskan makna jumlah, dan menjelaskan hubungan benda dengan lambang bilangan,. Baru anak kita ajarkan prinsip penjumlahan dan pengurangan sederhana.
Belajar matematika yang menyenangkan bisa dimana saja. Saat di rumah, atau pada saat jalan-jalan di luar. Menghitung kancing baju, berapa cucian hari ini, berapa jumlah ikan yang digoreng ibu, mana yang lebih besar induk kucing atau anak kucing, mengelompokan jenis buah, semuanya adalah pembelajaran matematika. Pembelajaran yang menyenangkan, tanpa dibuat rumit, yang bisa membuat anak menyukai matematika tanpa paksaan.

Baldwine Honest G, ST, M.Pd
Pengelola dan Pendidik Paud Handayani 4 Balikpapan, dan Bimbel Imagi
Balikpapan Regency
E mail : honestbaldwine@yahoo.co.id
Telp. : 081254094711

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.