Reuni dengan Sahabat dari Polandia yang Doyan Sambal

foto: Mr. Przemek Zareba ketika makan Malam Bersama

MEPNews.id —– Sahabat saya dari Polandia ini baru datang dari negerinya ke Sidoarjo. Sudah lama, teman yang doyan sambal ini kembali lagi ke negerinya, Polandia.

Dia itu Mr. Przemek Zareba yang dulu pernah tinggal di Indonesia beberapa waktu. Dia mengajar di kampus saya juga di STIE Perbanas Surabaya satu tahun. Di samping itu, dia juga mengajar di sebuah sekolah dasar dan SMP Islam di wilayah Sidorajo, bahkan lebih lama mengajar di sekolah tersebut.
Mr. Przemek Zareba sudah lancar berbahasa Indonesia. Itu sebabnya, dalam percakapan, sering terjadi language shifting (pergantian bahasa) dari bahasa Inggris tiba-tiba menggunakan beberapa kata Indonesia.

Kebiasaan ini, dulu waktu mengajar di kelas, sering membuat para mahasiswa tertawa. Kelas-kelas jika diajar oleh Pak Przemek selalu tertawa karena banyak humornya, kelucuan-kelucuan muncul karena tiba-tiba berbahasa Indonesia.
Sekarang, dia berada di Sidoarjo bertempat tinggal sementara dalam masa liburannya di rumah sahabat akrabnya ketika dia mengajar di SD dan SMP Islam dulu. Dia sudah akrab seperti keluarga sendiri. “Saya di Indonesia dalam rangka liburan saja, dan nanti akan kembali lagi akhir Desember ini.” Ucapnya saat makan malam bersama anak dan istri saya.
Meski sering berkomunikasi dengan sosial media, kedatangannya memberikan kesan tersendiri. Hujan lebat dan beberapa jalan banjir pun dia masih menyempatkan untuk makan malam. Sepanjang jalan di kendaraan, dia berbahasa Inggris terus dengan anak saya, Ponta Dewa Saktiawan. Tampak cepat akrab dan ngobrol sampai di tenpat tujuan.
“I like to learn Indonesia language and I always remember this language though I am not in Indonesia now.” Paparnya. Dia senantiasa masih ingat baerbahasa Indonesia meskipun dia tidak di Indonesia lagi. Di samping itu, dia suka makanan Indonesia, dan yang paling dia sukai adalah Sambal. (Djuwari)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.