Dies Natalis UGM Gelar Pameran Seni Rupa

MEPNews.id – Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) Universitas Gadjah Mada memeriahkan Dies Natalis UGM ke-68 dengan menyelenggarakan Pameran Seni Rupa Membongkar Bingkai – Membuka Sekat. Pameran seni rupa karya alumni, dosen, dan karyawan UGM itu diselenggarakan 11-16 Desember 2017 di Ruang Pameran PKKH UGM.

Dikabarkan situs resmi ugm.ac.id edisi 12 Desember 2017, Manajer PKKH UGM, Hamada Adzani, menjelaskan, ‘Membongkar Bingkai – Membuka Sekat’ dipilih sebagai tajuk karena kondisi masyarakat tengah terfragmentasi dalam kelompok-kelompok kepentingan tertentu yang akhirnya membentuk sekat-sekat. Tajuk tersebut menjadi ajakan untuk keluar dari paradigma dan pembatasan umum melalui seni.

Kepala PKKH UGM, Prof Dr Faruk SU, mengaku senang acara ini mendapat tanggapan positif dari panitia dies. Sayangnya, waktu yang dipersiapkan relatif pendek. Hal itu membuat beberapa partisipan yang hendak membuat karya terkendala. Faruk berharap pameran seni rupa ini bisa menjadi acara rutin pada Dies Natalis UGM. “Bila dilaksanakan rutin, mereka yang ingin mengikuti pameran bisa mempersiapkan dengan baik,” ujar Faruk.

Menurut Faruk tidak semua karya bisa menunjukan tema tertentu. Tetapi, pameran ini menunjukkan ternyata dosen, karyawan, dan alumni UGM bisa berkarya tidak hanya di bidang akademik tapi juga seni.

Pameran ini mendapat sambutan baik dari pengunjung. Nanda Widyasari, mahasiswi Fisipol, mengapresiasi pameran seni rupa ini. Menurutnya, tema yang diangkat juga menarik; bagaimana melihat karya dari partisipan memvisualkan tema besar. Ananda Prabu, mahasiswi Fakultas Teknik, berharap acara serupa bisa dilaksanakan rutin tiap tahun dan dapat menampung karya lebih banyak. (Humas UGM/Catur)

Facebook Comments

POST A COMMENT.