5 Hal Unik di Kuala Terengganu

MEPNews.id – Kuala Terengganu, biasa disingkat jadi K.T., adalah ibukota Negeri Terengganu Darul Iman di Federasi Malaysia. Lokasinya di pesisir Laut Cina Selatan sekitar 440 kilometer timur laut Kuala Lumpur. Kota ini pernah menjadi sister city dari Makassar di Sulawesi Selatan, Indonesia.

Saat bersama sejumlah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim (UPNVJT) dalam studi ekskursi di Kuala Terengganu pada September 2017, saya menemukan banyak hal menarik. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Negeri Sukannya Malaysia
terengganu sukan

Foto: Muhammad Azeem

Sukan itu istilah orang Malaysia untuk olahraga. Nah, Kuala Terengganu menjadi salah satu sentra sukan Malaysia. Saat ajang olahraga di Asia Tenggara yaitu SEA Games 2017 digelar di Malaysia, sebagian arenanya di Kuala Terengganu. Salah duanya adalah arena untuk berkuda dan panahan. Kuala Terengganu memang banyak melahirkan atlet panahan dan berkuda. Ini seiring dengan kultur Islam yang kuat di Kuala Terengganu. Termasuk dalam menerapkan hadits tentang olah kanuragan untuk anak-anak.

 

  1. Budaya Syar’i dan Kesopanan
terengganu syari

Foto: Farysah Fadzil

Salah satu pengalaman para mahasiswa UPNVJT saat studi ekskursi di Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA) adalah disarankan menggunakan rok kain atau celana kain serta hijab saat mengikuti kelas. Pakaiannya khas Melayu. Di dalam kelas, ada pemisahan tempat duduk meski tanpa sekat. Seperti model shaf saat sholat, tempat duduk mahasiswa laki-laki di deret depan dan mahasiswa perempuan di deret belakang.

 

3. Kendaraan Pribadi di Setiap Rumah

terengganu mobil

Foto: Farah Rasyidah

Keunikan lain yang dimiliki Kuala Terengganu jika dibandingkan Kuala Lumpur adalah kedaraan pribadi. Di Kuala Lumpur, transportasi massal sudah sangat massive. Di Kuala Terengganu, kendaraan pribadi terutama mobil sudah menjadi hal lumrah di rumah-rumah bagus atau jelek. Berbeda dengan di Indonesia yang banyak menggunakan mobil berkapasitas sekitar 6-8 penumpang, mobil di Kuala Terengganu mayoritas berukuran kecil untuk 4-5 penumpang. Semuanya Proton, mobil nasional buatan Malaysia, yang harganya lebih murah daripada mobil impor. “Kereta (bahasa setempat untuk ‘mobil’) berukuran kecil karena disesuaikan jumlah kelahiran di Kuala Terengganu yang sangat kecil. Mayoritas anggota keluarga juga sedikit,” ucap Ili Najihah, mahasiswi UNISZA.

  1. Bukit dan Pantai di Satu Tempat
terengganu bukit

Foto: Putri

Keunikan lainnya di Kuala Terengganu adalah wisata bukit sekaligus wisata pantai berada di satu tempat yang bernama Bukit Keluang. Untuk mendapatkan view manarik dari Bukit Keluang, Anda harus memulai pendakian kurang lebih satu jam. Lelahnya perjalanan akan terbayar setelah Anda melihat panorama dengan jurang-jurang hijau di pesisir pantai. Menuruni bukit, Anda disuguhi panorama tebing-tebing hijau yang tampak seperti jurang hijau jika dilihat dari puncak bukit. Susunan batu karang juga akan manambah indahnya suasana pantai di Bukit Keluang.

  1. Makanan Khas Kerupuk Lekor
terenggnu kerupuk

Foto: Putri

Berkunjung ke Kuala Terengganu belum lengkap jika tak mencicipi kerupuk Lekor. Mendengar nama ‘kerupuk’, jangan bayangan cemilan berbentuk pipih, krispi dan gurih. Kerupuk Lakor ini bentuknya lonjong seperti tempura goreng atau pempek. Meski ada juga yang berbentuk pipih seperti kerupuk, kebanyakan yang dijual berbentuk lonjong. Bahannya hampir sama dengan kerupuk, yaitu dari terigu, kanji, ikan dan bumbu lainnya. Rasanya sangat gurih dan lebih nikmat jika dicocol dengan kecap manis.

Sebenarnya masih banyak lagi keunikan di Kuala Terengganu. Namun, yang paling banyak dirasakan para mahasiswa UPNVJT selama tinggal di Kuala Terengganu adalah lima hal tersebut. Jadi, jika ingin merasakan liburan beda di Malaysia, silahkan berkunjung dan mencoba perjalanan menarik di Kuala Terengganu. (Putri Novita)

Facebook Comments

POST A COMMENT.