Universitas Muhammadiyah Malang KKN ke Taiwan

MEPNews.id – Mengabdi tak harus di dalam negeri. Terus berupaya meraih rekognisi internasional, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berinovasi. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM memberangkatkan mahasiswa ke luar negeri untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional.

Situs resmi umm.ac.id edisi 05 Desember 2017 mengabarkan, 17 mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI) diterbangkan ke Taiwan untuk menjalankan berbagai program pengabdian masyarakat di distrik Meinong. Selama dua pekan sejak diberangkatkan 30 November, para peserta KKN menjalankan berbagai kegiatan yang telah dirancang sebelum keberangkatan. Para mahasiswa memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat di Meinong.

Berdasarkan pengamatan DPPM, banyak orang Taiwan menikah dengan orang Indonesia. Sayangnya, anak cucu mereka tidak mengerti budaya Indonesia. “Maka, kita kenalkan budaya Indonesia melalui KKN UMM di sana. Selain itu, ada program pemberdayaan masyarakat yang lain termasuk belajar membatik,” ujar Wakil Direktur II DPPM, Drs Masduki MSi.

Masduki juga menyampaikan, peserta program KKN International ini para mahasiswa terpilih. Mereka telah melalui beberapa seleksi, antara lain kesehatan, kesiapan mental, kebulatan tekad dan kesungguhan dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat. “Kami memberi persiapan matang kepada calon mahasiswa KKN berupa pembekalan mental dan penyusunan program kerja sejak satu bulan sebelum keberangkatan,”tambahnya.

Taiwan menjadi jujukan KKN Internasional UMM yang pertama. Selanjutnya, program KKN Internasional terus dikembangkan ke wilayah-wilayah lain di Asia. Masduki berharap, program ini akan menjadi eskalator bagi mahasiswa UMM untuk meningkatkan wawasan internasional. “Melalui KKN Internasional, saya berharap mahasiswa UMM tidak lagi berkutat pada wawasan lokal, namun juga berani meningkatkan wawasan global,” pungkasnya. (nim/sil)

Facebook Comments

Website Comments

  1. Fransiskus Yohanes M,Sn
    Reply

    Tolong Isti sama Rere datang ke rumah saya atau ke Kantor saya jam kerja dari Pak Yo guru batik mereka yag brangkat ke Taiwan tgl 30 Nov 2017 kemarin, saya tunggu kedatangannya. Sekian terima kasih kerja samanya. Salam Budaya

POST A COMMENT.