Zaenal Arifin Emka: Jadikan Kalimat Kita Bermakna Bagi Orang Lain

H.Zaenal Arifin Emka saat dipanggung (foto: Hari/DK)

MEPNews.id — Ada yang menarik soal kekuatan sebuah kalimat yang diutarakan Wartawan senior H.Zaenal Arifin Emka, dalam Seminar Parenting  dengan 1500 guru PAUD di Gresik, Sabtu (2/12). Acara ini diselenggarakan MEP dan Himpaudi Jatim dan Gresik.

“Kalimat menjadi tanpa makna, karena ditulis dengan biasa biasa saja. Tetapi rangkaian kalimat dapat berarti dan bermakna, kalau tersusun indah dan menyentuh hati orang,” tegasnya.

Dosen Komunikasi ini mencontohkan, ribuan orangtua murid kalau berkirim surat meminta izin anaknya tidak sekolah, selalu dengan diskripsi yang sama.

“Saya yang bertandatangan dibawah ini, nama dst.memohon kepada bapak ibu guru, agar anak saya nama…diizinkan tidak mengikuti pelajaran karena…..dstnya. Kayaknya surat seperti ini dipakai semua orang. Padahal tidak ada aturan yang baku soal ini. Maka susunan kalimat itu menjadi biasa biasa saja tanpa makna.”

Maka, ketika ada seorang ibu menulis surat kepada wali kelas dengan bahasa yang berbeda, akan punya makna yang berbeda.

“Sebelumnya saya memohon maaf kepada bu Ira Wali Kelas IV dimana anak kami belajar, karena saya tidak bisa hadir langsung untuk menghadap. Semoga surat ini bisa mewakili kehadiran saya untuk memohonkan izin anak saya Fatim, hari ini tidak bisa sekolah karena sedang sakit. Semoga Ibu mengizinkan. Terima kasih.”

Coba perhatikan, surat ini menjadi punya makna, bahkan mampu menyentuh jiwa pembacanya. Sosok yang menulis seolah hadir dihadapan guru yang membacanya. Nama gurunya disebut juga untuk menyapa.

Pasti gurunya jadi penasaran dan ingin tahu dan kenal siapa orangtua murid yang berkirim surat ini.

“Inilah yang saya sebut kalimat bermakna. Kalimat yang menyentuh dan punya arti. Dan seharusnya guru guru memiliki perbendaharaan kalimat yang banyak agar mendidik dengan hati.”

Zaenal juga berpesan pada peserta seminar agar setiap kalimat yang kita tulis dan ucapkan bermakna bagi orang lain. (Nang)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.