Mendikbud: Guru Harus Menjadi Sumber Ketauladan

MEPNews.id —  Guru harus dapat berperan sebagai the significant others bagi peserta didik. Artinya guru harus jadi sumber keteladanan. Momentum Hari Guru Nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Penegasan itu disampaikan Mendikbud Sabtu (25/11), dalam acara Peringatan Hari Guru di Gedung Kemendikbud, Senayan Jakarta.

“Di sisi lain apakah kita sudah cukup memuliakan guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga kita menjadi pribadi yang sangat tangguh dan berhasil seperti saat ini. Sebab tak ada orang yang sukses tanpa melalui sentuhan guru,” tegas Mendikbud.

Dalam pidatonya, salah satu yang ditekankan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang, itu adalah HGN 2017 sebagai momen mengevaluasi kebijakan-kebijakan pemerintah bagi guru di Indonesia. Terutama, untuk menjadikan guru lebih profesional, sejahtera, dan bermartabat.

“Kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru menjadi kompeten, profesional, terlindungi, dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia, dan bermartabat,” tegasnya..

Selain itu, Muhadjir juga mengingatkan pentingnya peran guru membentuk karakter peserta didik melalui tiga harmonisasi. Yakni, olah hati, olah pikir, dan olah raga.

“Di samping itu juga guru dan tenaga pendidik harus mampu mengelola kerja sama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental,” terangnya.

Mengikuti zaman milineal, Mendikbud juga menyiarkan pidatonya melewati youtube, agar masyarakat dapat mengakses langsung. (nas)

 

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.