Pengabdi Selfie Berjuang Mendaki Bukit Keluang di Kuala Terengganu

MEPNews.id – Sabtu pukul 08.00, kami bersama sepuluh rekan tiba di bukit yang jaraknya kurang lebih 110 kilometer dari kampus Universitas Sultan Zainal Abidin bagian Gong Badak, Negeri Terengganu Darul Iman, di Malaysia. Bukit yang di kawasan Besut itu terkenal bagi mahasiswa maupun penduduk Terengganu karena panoramanya yang indah dan sebagai spot berfoto atau berselfie yang memuaskan. Bukit Keluang, namanya.

bukit keluang 2

Mendaki sebentar, sudah mau selfie terus.

Total perjalanan cukup melelahkan. Selain harus menempuh perjalanan cukup jauh dari pusat kota Terengganu ke Besut, untuk meraih puncaknya pun kami harus mendaki sekitar 25 menit melintasi medan cukup sulit. Tapi, rasa lelah hilang seketika saat kami tiba di puncak bukit.

bukit keluang 3

Petunjuk arah ke berbagai tempat di dunia. Jauuuu….h.

Bukit ini ramai dikunjungi terutama pada weekend. Dari puncak bukit, kami dapat melihat secara langsung Laut China Selatan. Kami juga bisa beberapa pulau antara lain Pulau Ru dan Pulau Perhentian. Yang tak kalah menarik, di perjalanan ada papan penanda arah ke berbagai tempat di dunia. Antara lain menunjuk ke Jakarta, Bali, Seoul, Mekkah, Cape Town, dan Moscow.

Saat mengunjungi bukit ini, ada baiknya untuk mengenakan sepatu dan jangan terlalu banyak makan sebelum mendaki. Saat ke bukit ini, kami mengenakan sandal. Enak sih pakai sandal saat mendaki. Tapi, alamak, kami harus bersusah-payah mengurus telapak kaki saat turun bukit. Selain itu, jika perut sedang kekeyangan, mendaki dan menuruni bukit ini bisa bikin otot perut kram.

bukit keluang 4

Kaki bukit yang menghadap Lau Cina Selatan.

Selesai menikmati panorama di puncak bukit, jangan tergesa-gesa pulang. Di sebelah bukit ini terdapat pantai yang menawarkan paket wisata menyeberang ke Pulau Perhentian dan pulau-pulau sekitarnya. Selain itu, kawasan perbukitan di pesisir timur menghadap Laut Cina Selatan punya banyak spot untuk gambar-gambar menarik.

“Kami sengaja ajak kawan-kawan dari Indonesia untuk berwisata ke bukit ini. Supaya mereka tahu bahwa Malaysia juga mempunyai wisata alam yang bagus untuk dikunjungi. Bukan hanya wisata shopping,” ujar Muhammad Azeem, mahasiswa asal Terengganu.

Oh ya, jangan repot memikirkan biaya untuk bertualang di Bukit Keluang. Itu semua ‘percuma’ alias ‘gratis’. Modalnya hanya stamina dan nekat. Bayar hanya untuk transportasi dan sekadar makanan. (Stefanus Ari Wicaksono & Putri Novita)

Facebook Comments

POST A COMMENT.