Ada Kartu Parkir Elektronik di Unila

MEPNews.id – Tidak hanya pemerintah yang gemar menggunakan kartu untuk sejumlah urusan, Universitas Lampung (Unila) juga menerbitkan kartu berbasis aplikasi Radio Frequency Identification (RFID) untuk urusan parkir elektronik. Piranti identifikasi ini bagian dari program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Bukopin Tbk Cabang Bandarlampung untuk mendukung kelancaran dan keamanan sistem perparkiran di Kampus Hijau.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Muhammad Kamal mengatakan, ide penerapan kartu parkir elektronik sudah direncanakan beberapa tahun lalu. Penerapan kartu parkir elektronik tersebut merupakan bagian pengembangan sistem parkir elektronik yang sudah dilaksanakan Unila sejak 2016 di masing-masing fakultas.

“Pengguna jalan di Universitas Lampung, terutama kendaraan roda dua dan empat, sudah over-volume. Kartu elektornik ini setidaknya menjadi sarana pengaman atau proses selektif kendaraan yang melintas di seputaran kampus,” urai Kamal, saat peluncuran kartu di Taman Beringin kampus setempat, 17 November 2017, dikutip situs resmi unila.ac.id.

Mengenai teknis, lanjut Kamal, pengadaan kartu parkir dilaksanakan bertahap. Mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, disusul mahasiswa dan pihak eksternal yang bermitra dengan Unila. Maka, Unila beberapa minggu ke depan melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi warga Kampus Hijau mengenai penerapan kartu RFID ini.

Ia juga mewacanakan sistem parkir terpadu diberlakukan awal Januari 2018. Penerapan sistem itu akan dilakukan di sepanjang tugu jalur masuk Unila hingga bundaran air mancur. “Target kita kawasan itu rapi dan bebas macet. Jadi tak ada lagi kendaraan yang parkir tidak tertib.”

Pada saat peluncuran, Pimpinan Bank Bukopin Cabang Bandarlampung Abdi Yanwarkus Nugroho menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas langkah ini. Ia berterima kasih pada Unila karena sudah memercayakan Bank Bukopin ikut berkontribusi melaksanakan program parkir elektronik.

“Kartu parkir elektronik ini bisa digunakan seluruh sivitas akademika. Mudah-mudahan keberadaan kartu ini bisa mendukung terwujudnya Kampus Unila tertib dan hijau selaras dengan nuansa hijau hari ini,” paparnya. (Riky_Inay/Humas)

Facebook Comments

POST A COMMENT.