Kuliah Tumbuhkan Sikap Ilmiah dalam Kutipan Karya Tulis

(FOTO: Mahasiswa STIE Perbanas Surabya Buat Kutipan dengan Google Scholar)

MEPNews.id — Di Jurusan Akuntansi Program Studi (Prodi) S-1, di STIE Perbanas Surabaya diberikan teknik kutipan. Dalam matakuliah Bahasa Indonesia, Dr. Djuwari, M.Hum., memberikan bab khusus terkait cara mengutip dalam tulisan ilmiah. “Kutipan yang dilakukan dengan cermat akan menghasilkan karya tulis ilmiah yang lebih berbobot. Bobot itu terletak pada kejujuran dan keaslian (originality) sebuah karya ilmiah,” tutur Djuwari, dosen Bahasa Indonesia di kampus ini.

Mahasiswa Produi S-1 Akuntansi, misalnya, diberikan teknik mengutip. Dalam matakuliah mereka, ada matakuliah Bahasa indonesia. Bab khusus mengenai cara mengutip diberikan pada Bab 8. Di dalam bab ini, mahasiswa diberi materi teknik mengutip. Mereka juga diperkenankan tautan Google Scholar. Tautan ini berisi beberapa referensi termasuk bidang Akuntansi.

Tidak hanya dengan Google Scholar saja, Djuwari juga memberikan wawasan tertkait dengan mesin alat menilai plagiasi, yaitu Turnitin. “Agar mahasiswa bias mencapai nilai tinggi keaslian karya tulis ilmiah, mereka perlu diebrikan cara mengutip. Setidaknya, mereka diperkenalkan Google Scholar dan penjelasan terkait mesin plagiasi.” Papar Djuwari.

Mengutip bias dengan cara langsung. Dengan cara langsung itu, dlam skripsi atau Tugas Akhir, sangat penting. Misalnya, kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang. Di samping itu, ada kutipan tidak langsung. Mahasiswa sangat memerlukan keterampilan mengutip. Mereka juag perlu diajar cara mencari referensi baik buku maupuan jurnal ilmiah melalui Google Scholar. Itu sebabnya, khusus pelatihan ini, mahasiswa dibolehkan membawa android dan laptop.

“Dengan mengutip, ilmuan atau penulis akan memiliki sikap ilmiah terpuji. Pertama, mereka jujur mengambil dari sumber yang jelas. Kedua, mereka memiliki jiwa kesatria karena menghargai ilmu atau gagasan orang lain dengan menuliskan sumber atas nama penulis yang dirujuk.” Tegas Djuwari. (mms).

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.