Penguatan Organisasi Membentuk Kepribadian Berkarakter

Oleh ; Sholehah Yuliati

MEPNews.id —- HIMPAUDI adalah Kumpulan dari para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia yang memiliki moto satu visi, satu dedikasi dan satu aksi, HIMPAUdi sebagai laskar memiliki ruh untuk senantiasa berjuang pada jalur pendidikan pra sekolah. Sebagai laskar HIMPAUDI senantiasa menanamkan nilai-nilai perjuangan demi meraih kesuksesan masa depan Indonesia lebih baik.
Laskar memiliki makna ;
L : Leadership, sebagai pemimpin harus mampu membawa bendera HIMPAUDi tetap berkibar mengepakkan sayap-sayap kebaikan. Memiliki jiwa memimpin yang baik, bisa jadi teladan, BERINTEGRITAS dan DEDIKASI mengayomi dan bersikap adil, mampu menjadi perekat atau pemersatu serta tidak perberilaku yang cenderung menimbulkan keretakan pada sesama
A : Amanah, menjaga kepercayaan yang telah diikrarkan atas nama Tuhan. Bisa dipercaya, bertanggung jawab, punya pendirian kuat atau tidak mudah berubah sikap serta gampang gamang ketika mendapat pengaruh – pengaruh yang tidak baik, termasuk siap menjaga nama baik individu dan team serta rahasia dan nama baik organisasi.
S : Shidiq,Senantiasa mengedepankan kejujuran sebagai prinsip dan karakter dalam hidupnya serta menjauhi sikap dan keputusan yang mengambil manfaat demi keuntungannya sendiri atau cenderung berperilaku KKN.
K : kerja dan karya, Bekerja dengan baik-kerja optimal keras keras – kerja cerdas dan kerja ikhlas, tepat waktu, efisien dan tidak hanya asal pandai berbicara serta berteori tapi juga memberi karya nyata – tidak hanya pandai mengkritik tapi juga memberi solusi yang kongkrit.
A : Akhlak, Memiliki akhlaq yang baik, berkata baik, berbusana yang baik bersikap dan berperilaku yang baik, mampu mengendalikan emosi, bijaksana, tidak gampang “dhon” berprasangka tidak baik, menyebarkannya serta “tajassus” mencari-cari kesalahan orang lain.
R : Ramah, Tetap “tawaddu” pribadi yang membumi – ramah dan sopan serta bersahabat dengan seluuruh elemen HIMPAUDI, dinas atau instansi lain sebagai mitra – tidak arogan, siap mendengar, tidak egois dan bisa berbagi.
Penguatan karakter yang harus dimiliki seluruh anggota inilah Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Bojonegoro yang diketua oleh Nurul Hasanah S.Pd mengemas kegiatan dalam bentuk pelatihan dan outbond LDKP (latihan Kader Kepemiminan Pendidik) pada tanggal 5-12 November 2017 yang diikuti oleh 745 pendidik dan pengelola Anak Usia Dini Se-Kabupaten Bojonegoro yang bertempat di Gedung PBG Jl.Rajawali Bojonrgoro dan Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro.
Kegiatan ini terbagi beberapa tiga gelombang yang setiap gelombang terdiri dari lima rombel (rombongan belajar). Sebagai bentuk loyalitas organisasi dalam menjaga mutu dan kualitas pelatihan PD HIMPAUDI Kabupaten Bojonegoro bekeerjasama dengan PW HIMPAUDI Jawa Timur.
Materi yang disampaikan cukup beragam diantaranya kepemimpinan, supervisi, visi misi, entrepreneurship, menggali kemitraan dan lain-lain. Untuk memberikan penguatan materi peserta LDKP, tanggal 11 dan 12 November 2017 dijadwalkan kegiatan outbond yang bertempat di halaman masjid Albirru Pertiwi Kecamatan Dander Bojonegoro.
Kegiatan outbond ini dilaksanakan guna membentuk komunikasi, koordinasi, kerjasama peserta dalam membangun organisasi atau lembaga untuk mencapai tujuan dan target.
Untuk memudahkan koordinasi dan pengkondisian peserta kegiatan outbond terbagi dalam pos-pos. Pos 1, menyeberang pulau, peserta dituntut untuk memecahkan bagaimana caranya menyeberangi pulau hanya dengan menggunakan alat kardus bekas dengan jalur yang lurus. Pos 2 Membawa Pipa dengan jari, peserta dituntut untuk mencari cara bagaimana membawa pipa dari start sampai finish dengan menggunakan jari. Pos 3 mengurutkan angka, peserta harus mampu bekerjasama berjuang mengurutkan angka 1-25, dengan fisik dan waktu, hal ini dapat dimaknai bahwa dalam berjuang tenaga waktu berpikir cepat tepat bijaksana itu menjadi kunci keberhasilan. Pos 4 berjalan diatas tikar, kekompakkan stu komando menjai keberhasilan menuju finish. Pos 5 bermain dam-daman qolbu, permainan ini dibutuhkan koordinasi mengunakan bahasa isyarat satu intruksi, dapat dimaknai bahwa disebuah lembaga atau organisasi tidak usak banyak ngomong kerjakan sesuai tupoksi masing-masing tanpa menyalahkan yang lain.
Laskar HIMPAUDI Kabupaten Bojonegoro terus bergerak untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Ridhollah.

Salam Himpaudi. Bersama kita bisa.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.