Pembelajar Tak Bosan Belajar

Oleh :  Khusnatul Mawaddah

MEPNews.id —- Pernahkah anda sebagai pendidik atau pembelajar, bingung mau mengajar apa. Dulu ketika awal menjadi guru PAUD, setiap hari mencari bahan ajar untuk esok hari, beberapa referensi buku dan panduan saya bolak balik, mulai berbagai macam seni gambar dan lukis berbagai media, playdoc, bermain pasir, air, balok,gerak lagu serta tehnik pengenalan calistung.

Setiap tahun kita ulang-ulang bak radio diputar- putar, lama-lama ada rasa bosan juga yang kita sajikan tiap tahun sama. Padahal anak didik tiap tahun juga beda anaknya, cuma kitanya saja yang baper and boring dengan sajian pembelajaran kita sendiri.

Kegalauan karena boring dengan menu pembelajaran sendiri memaksa diri untuk mencari bahan baru atau sumber belajar baru. Mr.Nafik pemilik lembaga The Naff, yang saat itu menjadi jujukan guru PAUD menyarankan untuk merefresh menu pembelajaran, harus ada perubahan (should have an improvement), dari yang biasa menjadi luar biasa.

Bagaimana caranya ? Mengubah model dari yang klasikal ke sentra, klasikal cenderung guru sebagai pusat perhatian sedangkan model sentra dibalik, anak didik menjadi pusat perhatian, guru lebih menstimulus anak agar aktif dalam interaksi pembelajaran, sentra juga mendukung potensi anak didik untuk berkembang, lebih merdeka untuk bergerak dan berceloteh, karena komunikasi tidak didominasi pendidik.

Akhirnya kegalauan dan kebingungan saat bermain sembari belajar dengan model sentra menjadi salah satu alternatif mengajar di PAUD.

Keluwesan dalam memilih tema dan sarana permainan lebih memberi ruang untuk berkreasi sebebas bebasnya, asal anak didik senang,nyaman dan pengalaman main andik bertambah. Bermain tidak melulu di kelas, bisa di dekat permainan outdoor, di kebun, di alun-alun kota, di taman, di sawah, di hutan bahkan di rumah sambil berkunjung.

Asal pendidik pandai mengemas bentuk kegiatan yang mengarah ke anak,maka semua yang ada di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah bisa menjadi sumber pembelajaran.Semoga pembelajar Indonesia selalu menjadi inovator dalam roda pembangunan manusia seutuhnya. ***

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.