No Time For Ecek Ecek

Oleh Masruri Abd Muhit

Judul di atas adalah kata kata pak Syukri, panggilan akrab bapak DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi MA, yg maksudnya Tidak ada waktu (no time) untuk hal hal yg tidak ada gunanya atau hal hal remeh (for ecek ecek), memotivasi santri untuk memanfaatkan waktunya dan hidupnya untuk hal hal yg bermanfaat dan hal hal yg besar.

Allah swt menciptakan langit dan bumi serta isinya bukan tidak ada tujuannya, Dia menciptakan kehidupan dan kematian untuk menguji kita siapa diantara kita yg paling baik amalnya.

Apakah kalian mengira bahwa Kami menciptakan kalian sia sia, dan kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami. QS. Almukminun 115.

Dialah yg menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kalian siapa di antara kalian yg paling baik amalnya. QS. Tabarok 2.

Apa yg kita lakukan dalam kehidupan dunia ini akan dimintai pertanggungan jawab oleh Allah di akherat kelak.

Dari Abu Barzah Al Aslami bahwa rosulullah saw bersabda,Tidaklah beranjak dua kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya tentang umurnya untuk apa dia habiskan, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya dari mana dia mendapatkan dan kemana dia membelanjakannya, serta tentang badannya bagaimana dia membinasakannya. HR. Tirmidzi. Hadis hasan shahih.

Bahkan Allah swt menghardik orang orang kafir yg menyia-nyiakan umurnya, tidak segera keluar dari kekafirannya menuju kepada iman, padahal telah diberi waktu yg cukup dan umur panjang.

Bukankah Kami telah memberi kalian umur yg mestinya seorang bisa mengingat apa yg mesti diingat, dan telah datang peringatan pada kalian, maka kalian rasakan, mereka yg dzalim tidak akan ada yg bisa menolong. QS. Fathir. 37.

Maka suatu kerugian besar bila seseorang tidak menggunakan kesempatan umur dan hidupnya untuk hal hal yg bermanfaat, atau menggunakannya untuk sesuatu yg sia sia tidak ada gunanya, ecek ecek.

Salah satu ciri baiknya islam seseorang bila dia meninggalkan hal hal yg sia sia yg tidak memberikan manfaat baginya, no time for ecek ecek.

Dari Ibnu Abbas ra bahwa rosulullah saw bersabda, manfaatkan lima hal sebelum lima hal, masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa fakirmu, masa longgarmu sebelum datang masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang matimu. HR. Hakim.

Daris, 23 Safar 1439.

Facebook Comments

POST A COMMENT.