Peran Media dalam Kehidupan Berdemokrasi

Oleh: Dr. Djuwari, M.Hum

Sudah banyak media di Indonesia. Namun, kita pun perlu mencermati sampai di mana peran dan khusunya fungsi media yang benar-benar mengawal kehidupan berdemokrasi. Peran dan fungsi media itu sudah ada ketetapannya di dalam Undang-Undang Pers.

Perkembangan media pers di Indonesia mengalami banyak kemajuan, utamanya dalam kuantitas. Banyak media dalam bentuk pemberitaan baik dengan nama Koran, majalah, tabloid, dan sekarang dengan nama website alias on-line yang beraneka ragam.  Dari jenis apa pun, sekarang on-line media lebih banyak bermunculan. Namun, masyarakat bisa memberikan apresiasi media mana yang benar-benar menjalankan funsinya karena di situlah letak mutu media bukan kuantitasnya.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia  (UU) No 40 tahun 1999, tentang Pers, maka di dalamnya ada azas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranan pers. Ini tercantum dalam Bab II Pasal 2 sampai Pasal 6. Khusus pasal (3) Ayat (1) dalam Bab II, di dalamnya terkait dengan fungsi pers. Dalam Pasal tersebut, dinyatakan bahwa Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Dalam fungsinya sebagai media informasi, maka media memiliki nilai yang tinggi jika media itu bisa memberikan informasi kepada masyarakat secara luas. Informasi yang dimaksud berupa informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak sedikit di antara pembaca memperoleh informasi penting dari media, misalnya berita-berita terkait dengan kondisi di wilayah sekitarnya. Bahkan berita-berita yang terjadi secara nasional dan internasional. Berita banjir, berita tentang bencana, dan berbagai berita yang bersifat memberikan informasi kondisi di sekitarnya. Mereka bisa berbagai rasa toleransi, sayang, dan bersilaturohim.

Sebagai media yang memberikan fungsi pendidikan, tentu media itu diharapkan bisa memberikan berbagai informasi mendidik. Misalnya saja, berita tentang llmu pengetahuan, berita terkait perkembangan teknologi, dan ilmu pengetahuan. Tidak hanya informasi pendidikan saja melainkan juga informasi yang memberikan santapan kerohanian, keagamaan, dan sejenisnya.

Tidak hanya berita dan informasi yang mendidik dalam bentuk kondisi kehidupan dan ilmu pengetahuan, media juga berfungsi sebagai hiburan. Banyak juga infomasi yang memberikan hiburan kepada publik.  Berita terkait seni dan kebudayaan, seni dan perkembangan budaya di negeri, bahkan seni hiburan dari manca Negara.

Lebih afdol lagi, peran media sebagai kontrol sosial.  Dalam hal ini, media memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Tidak sedikit pantauan media terhadap perilaku meyimpang di masyarakat kemudian dipaparkan dan dimediasi. Akhirnya, diperoleh sebuah solusi. Berita perilaku menyimpang baik perilaku korup maupun perilaku sosial lainnya yang menyimpang, sering terbidik oleh media kemudian diekspos dan dibahas di mata publik. Pada akhirnya, ada solusi yang dikemas dari berbagai sudut pandang yang telah mengamati. Di sinilah tercipta kehidupan demokrasi yang indah.

Dialog publik dengan solusi hasil akhirnya. Ciri demokrasi adalah dialog publik dengan pemerintah dan dengan segenapberbagai lapisan masyarakat di negeri. Semua dikemas dalam media berita dan informasi. Di situlah media dan perannya dalam kehidupan berdemokrasi. Tidak hanya melihat sisi satu pihak, namun dikonfirmasi dan dirujuk serta dibahas secara publik. Inilah dialog media dalam kehidupan berdemokrasi.

Peran media seperti terurai di atas, akan memberikan dampak positif bagi kehidupan berdemokrasi. Namun, semua itu masih dengan catatatan, bahwa media yang baik dalam memerankan semua itu tetap berlandaskan kode etik jurnalistik. Semua berita dan informasi akan menjadi andal, terpercaya, dan actual sehingga terhindar dari berita palsu alias hoax.

Dengan menyimak fungsi media di atas, maka publik bisa menilai media mana yang yang sangat memerankan fungsinya berdasarkan UU no 40 thn 1999. Dengan berpatokan pada regulasi yang jelas, maka media apa saja jensinya senantiasa bisa dianalisis eksistensinya. Apa itu media cetak, online, dalam bentuk tabloid, majalah, Koran, apa pun, jika merefleksikan peran dan fungsinya sesuai dengan UU tersebut, maka media itu benar-benar berdampak positif.

Semoga semua media di negeri ini bisa mendidik dan membuka mata rakyat dengan  tetap memerankan fungsinya. Mepnews. Id sebagai media yang genap setahun pada 10 November 2017, akan semakin mantab dan jelas jejak rekapnya. Semoga Mepnews.id bisa menjadikan peran dalam mendidik rakyat untuk menjadi cerdas dan bertanggungjawab.

Mepnews. Id, selama ini, senantiasa memberikan berbagai informasi sesuai dengan ketetapan dalam UU no 40 tahun 1999. Dalam fungsinya, Mepnews,id akan tetap berjuang mengawal negeri dalam berdemokrasi dan berkehidupan serta berbangsa sesuai dengan cita-citanya. Majulah Mepnews. Id, dan berjuanglah terus senantiasa mengawal rakyat dalam berdemokrasi. Selamat Ulang tahun Mepnews. Id. Semoga tetap jaya dan merdeka. Amin.

 

 

 

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.