Duh, Polusi Udara Juga Bikin Rusak Ginjal

MEPNews.id – Demi kesehatan, lingkungan bersih harus dijaga. Polusi sedapat mungkin harus dicegah atau dikendalikan. Itu karena dampak polusi sangat tidak baik bagi kesehatan. Hasil studi terbaru menunjukkan, polusi udara juga menjadi penyebab penyakit ginjal kronis (CKD) jutaan manusia per tahun.

Masalah ini jadi bagian dalam ASN (American Society of Nephrology) Kidney Week 2017 yang berlangsung 31 Oktober – 5 November di New Orleans. Pertemuan nefrologi ini menyediakan forum bagi sekitar 13.000 profesional untuk membahas temuan terbaru dalam penelitian kesehatan ginjal.

Benjamin Bowe MPH, dari Pusat Epidemiologi Klinis di VA Saint Louis Health Care System, bersama rekan-rekan, dalam presentasi yang dirilis EurekaAlert! 4 November 2017,  menyebut perkiraan beban global penyakit ginjal kronis yang disebabkan partikel halus cukup signifikan yakni lebih dari 10,7 juta kasus per tahun.

Bowe membeberkan hubungan antara peningkatan kadar partikulat halus di udara dengan risiko pengembangan CKD. Dalam penelitian terakhir, para peneliti menggunakan metodologi studi Beban Penyakit Global untuk memperkirakan beban CKD yang disebabkan polusi udara. Hasilnya menunjukkan, perkiraan beban global kejadian CKD yang disebabkan partikel halus lebih dari 10,7 juta kasus per tahun.

Ukuran epidemiologis bagi beban CKD yang disebabkan polusi udara antara lain tahun-tahun hidup dalam kondisi disabilitas (yang berarti bertahun-tahun hidup dengan penyakit ginjal), tahun-tahun kehilangan kehidupan (yang berarti kematian dini akibat penyakit ginjal), dan tahun-tahun kehidupan yang harus disesuaikan dengan kecacatan (ukuran yang menggabungkan antara beban hidup dengan penyakit dan kematian dini yang disebabkan penyakit ini). Pengukuran itu menunjukkan, beban tersebut bervariasi menurut geografi. Nilai lebih tinggi terlihat di Amerika Tengah dan Asia Selatan.

“Polusi udara setidaknya berpengaruh terhadap kenaikan kejadian CKD yang tidak diketahui asal-usulnya di banyak geografi di seluruh dunia. Polusi udara terkait erat dengan meningkatnya nefropati di kawasan Mesoamerika di Meksiko dan Amerika Tengah,” kata Bowe. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.