Guru Besar STIE Perbanas Berikan Keynote Speech di Kuala Lumpur

Prof. Dr. Tatik Suryani, MM, beri keynote Speech di Renaissance Hotel Kuala Lumpur

 

MEPNews.id — Prof. Dr. Tatik Suryani, MM., Guru Besar Ilmu Pemasaran STIE Perbanas Surabaya memberikan ceramah kunci (Keynote Speech) di forum internasional di hotel Renaissance, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam ceramah ilmiah pada Jumat, 27 Oktober 2017 ini, Tatik Suryani menyampaikan gagasannya di hadapan peserta konferensi internasional yang diselenggarakan oleh the International Association of Scholarly Publishers, Editors, and Reviewers (IASPER).
Di hadapan 100 peserta dari 7 negara itu, Tatik Suryani, memaparkan gagasannya terkait dengan judul “Enhancing Financial and Marketing Competences of SMEs in Indonesia.” Sumber daya manusia perusahaan merupakan kunci utama dalam menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage). Perusahaan bisnis di mana saja perlu memerhatikan kompetensi sumber daya manusianya.
Dari pengamatannya selama ini, sumber daya manusia masih memerlukan peningkatan kualitasnya. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih harus terus meningkatkan kualitas sumber dayanya. Salah satu aspek penting yang berkontribusi tinggi terhadap manajemen usaha adalah kualitas daya sumber manusianyasesuai dengan tuntutan zaman.” Papar Tatik Suryani di dalam ceramah kunci tersebut.
Berdasarkan penelitian yang dialakukan sebelumnya, dinyatakan bahwa pemilik UKM tidak memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidang manajemen keuangan, pemasaran. Karena itu, mereka tidak memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan termasuk membuat keputusan dalam hal investasi dan alokasi keuangannya dalam bisnis. Akhirnya, merekatidak memiliki keunggulan bersaing, apalagi dengan perusahaan-perusahaan besar.
Dari kondisi tersebut, Guru Besar STIE Perbanas Surabaya ini memberikan saran misalnya, dengan prgram pendidikan terkait dengan peningkatan kompetensi. Mereka diberi pelatihan bersertifikat bidang manajemen keuangan dan pemasaran. Mereka juga bisa diajak kolaborasi dengan perguruan tinggi melalui bidang pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelolah keuangan dan pemasaran.
“Terkait dengan perkembangan teknologi, maka mereka juga perlu digital marketing dan komunikasi. Karena dua hal ini merupakan dampak dari perkembangan ilmu teknologi dan informasi. Masyarakat digital member dampak besar pada dunia usaha.” Tegas Tatik Suryani. (dwr)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.