Mengingat Tuhan dari Gunung Bancak

magetan Diana arisOleh: Diana Aris Astutik

Guru di SDIT Al Uswah, Magetan

MEPNews.id – Minggu adalah hari libur yang selalu ditunggu-tunggu. Maka, Minggu ini aku dan keluarga kecilku menyempatkan diri ke tempat yang panorama alamnya tidak kalah dengan kawasan wisata lainnya. Nama tempat itu puncak Gunung Bancak.

Gunung Bancak adalah salah satu kekayaan alam Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Perbukitan ini terletak di sisi timur lereng Gunung Lawu. Tempat yang masih alami menjadikan suasanan sejuk dan menyegarkan. Pada waktu tertentu, jika dilihat dari timur, perbukitannya berkilau seperti emas.

Di kaki Gunung Bancak, aku menghampiri sebuah rumah kecil. Rumah itu makam tokoh yang berdedikasi tinggi terhadap desa kami. Itu makam Eyang GRBAy Maduretno atau juga dikenal sebagai Pesarean (Makam) Ratu. Makam ini merupakan salah satu peninggalan zaman kerajaan Mataram. Di sekeliling makam banyak terdapat pohon jambang yang umurnya sudah ratusan tahun.

Melewati pesaeran, kaki kami terus melangkah sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar menuju puncak yang tidak terlalu tinggi. Saat berjalan ke atas, aku melihat seorang nenek menggembala kambing. Nenek ini tentu staminanya luar biasa karena tanpa terlihat lelah sanggup naik-turun gunung untuk menggembala kambing. Aku, yang baru naik ke atas agak tinggi, sudah mulai terengah-engah kehabisan nafas.

Sesampai di puncak, aku duduk bersama putraku. Aku merasakan segarnya udara dan angin sepoi-sepoi. Terlihat pohon-pohon dan semua tumbuhan yang taat dan patuh pada perintahNya. Mata ini tertuju pada hamparan pegunungan indah. Tampak, sawah hijau terbentang bagaikan permadani di kaki langit. Di sekitar, tampak gunung lain menjulang dan berpayungkan awan begitu cerah.

Indahnya pemandangan mengingatkan aku pada yang MahaKuasa. Aku teringat salah satu ayat Ar Rohman dalam Al Qur’an yang artinya kira-kira, “Nikmat mana lagi yang engkau dustakan?”

Tak terasa, berlinanglah air mata ini. Maha Besar Allah dengan semua ciptaanNya.

Facebook Comments

POST A COMMENT.