Ada Obat yang Tutup Lubang Gigi

MEPNews.id – Gigi berlubang sudah menjadi masalah yang sangat umum saat ini. Masalahnya, banyak orang yang takut ditambal giginya karena sakit dan ngilu. Aibatnya, lubang dibiarkan membesar hingga gigi akhirnya patah.

Namun, seperti dikabarkan Karla Lant untuk Futurism edisi 12 Oktober 2017, ada penemuan baru yang tanpa sengaja terbukti baik untuk gigi berlubang. Tideglusib awalnya dikembangkan untuk pasien Alzheimer. Namun, obat ini punya efek lain yakni menstimulasi sel induk di pulpa gigi.

TideglusibTideglusib merangsang sel induk di pulpa gigi sebagai sumber dentin baru. Dentin adalah mineral di bawah enamel gigi yang sering kali digerus oleh kuman dan sisa makanan. Karena bisa meningkatkan produksi dentin baru dan perbaikan gigi alami, Tideglusib bisa mengganti tambalan untuk perbaikan gigi berlubang.

Gigi secara alami dapat menumbuhkan dentin tanpa bantuan, namun hanya dalam keadaan tertentu. Pulpa harus diekspos infeksi (misalnya; pembusukan) atau trauma untuk mendorong pembuatan dentin. Tapi, gigi hanya bisa menumbuhkan kembali lapisan sangat tipis itu secara alami. Jumlahnya tidak cukup banyak untuk memperbaiki lubang yang disebabkan pembusukan. Nah, Tideglusib bisa membantu karena mematikan enzim GSK-3 yang menghentikan pembentukan dentin.

Dalam penelitian Dental Institute di King’s College London, tim menyiapkan spons kecil biodegradable terbuat dari kolagen yang direndam Tideglusib. Spons itu dimasukkan ke dalam lubang gigi. Hasilnya, spons memicu pertumbuhan dentin. Dalam waktu enam minggu, kerusakan gigi bisa diperbaiki. Struktur kolagen dari spons meleleh, menyisakan gigi yang utuh.

Namun, sejauh ini, eksperimen berhasil pada gigi tikus percobaan sehingga perlu penelitian lebih jauh untuk gigi manusia. Paul Sharpe, profesor di King’s College London Dental Institute sekaligus penulis utama, dikutip The Telegraph, mengatakan, “Obat yang telah dicoba dalam uji klinis untuk penyakit Alzheimer ini ternyata memberikan kesempatan untuk melakukan perawatan gigi.”

Dia menambahkan, “Kesederhanaan pendekatan kami menjadikan Tideglusib ideal sebagai produk obat gigi klinis untuk perawatan alami lobang besar. Tideglusib menyediakan perlindungan terhadap pulpa dan memulihkan dentin.” (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.