Polisi Tidur Bisa Hasilkan Energi Listrik

MEPNews.id – ‘Polisi tidur’, yakni gundukan yang terbentang di jalan, suatu saat nanti tidak hanya berfungsi memperlambat laju kendaraan lewat, atau membuat kesal ibu hamil dan bapak encok, atau menjengkelkan penarik gerobak sampah. Jika penemuan ini dikembangkan, polisi tidur bisa menjadi sumber energi alternatif.

Mengapa energi? Hingga 2016, Indonesia masih menjadi negara dengan rasio elektrifikasi terendah di Asia Tenggara. Beberapa jalan umum di perkotaan masih ada yang bermasalah antara lain tidak tersedia sarana dan prasarana penerangan. Bahkan, menungggaknya tagihan listrik penerangan jalan umum.

Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengerahuan Alam (MIPA) Universitas Jenderal Soedirman, sebagaimana dikabarkan situs resmi unsoed.ac.id edisi 4 September 2017, menggagas teknologi penghasil listrik yang dapat diproduksi massal dan diaplikasikan pada kalangan masyarakat.

Mohammad Afif (Jurusan Kimia) dan Nugraheni Puspita Rini (Jurusan Fisika) dibimbing dosen Hartono M.Si berhasil merancang teknologi polisi tidur penghasil listrik. Alat Pembatas Kecepatan berbasis material piezoelektrik PbZr(0,52)Ti(0,48)O3 ini bisa mensuplai listrik bagi lampu penerangan jalan umum yang termodifikasi Light Dependent Resistor (LDR).

Afif memaparkan, teknologi ini terdiri lempeng utama, pegas, lempeng piezoelektrik, baterai penyimpan tegangan listrik yang dilengkapi stabilizer dan inverter-travo step up. Ini bekerja berdasarkan prinsip reaksi reversibel penghasilan tegangan listrik akibat pemberian tekanan/renggangan pada material piezoelektrik yang disematkan dibawah polisi tidur.

Data yang diterbitkan bps.go.id (2015) menyebutkan, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai angka 114.209.266. “Ini potensi sangat besar. Teknologi ini mampu mengkonversi tekanan yang dihasilkan kendaraan bermotor saat melewatinya, menjadi energi listrik melalui mekanisme deformasi. Dengan merealisasikan teknologi tersebut, masalah penerangan jalan umum dapat teratasi. Begitu mudah mendapatkan listrik dengan hanya memberi tekanan/beban pada polisi tidur,” jelasnya. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.