Tingkatkan Kualitas PAUD, Kemendikbud Kuatkan Kerjasama Dengan UNICEF

MEPNews.id-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama United Nations International Children’s Emergency Fund atau Badan Internasional PBB tentang Dana Darurat untuk Anak-Anak (UNICEF) dan IKEA Foundation dari Swedia meluncurkan kerja sama untuk mewujudkan pendidikan anak usia dini (PAUD) berkualitas di Graha Utama Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, Jakarta (30/8/2017). Kerja sama ini berupa peningkatan layanan PAUD berkualitas dan peningkatan mutu guru PAUD di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dimulai tahun ini hingga berakhir pada 32 Januari 2020.

Bentuk kegiatan dalam kerja sama tersebut antara lain memberikan dukungan pada 100 lembaga PAUD berupa rehab ringan dan alat peraga edukasi. Selain itu ada juga kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan PAUD serta kelompok orang tua, serta bantuan pustaka mainan kepada enam gugus PAUD di Kabupaten Bogor.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pada tahun 2030 Indonesia akan menjamin bahwa semua anak perempuan dan anak laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak pada usia dini. Ini menjadi salah satu tugas pendidikan yang tertuang dalam visi presiden, yaitu membangun karakter anak sejak usia dini.
“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya melakukan eksplorasi dalam meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan anak usia dini. Bahwa memang  sudah waktunya PAUD mendapatkan prioritas untuk tahun depan,” tutur Mendikbud dalam sambutannya.
Gunila Olson dari UNICEF Indonesia mengatakan, UNICEF Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah dan mitra-mitranya untuk mendukung model PAUD yang berkualitas dan memfasilitasi PAUD.

“Program ini akan menjadi langkah penting untuk mengembangkan model PAUD yang praktis dan bisa direplikasi di mana anak usia dini mendapatkan dukungan esensial terhadap kesehatan gizi, pendidikan dan perlindungan,” ujar Olson. Peningkatan kualitas pengembangan anak usia yang dikembangkan pemerintah saat ini merupakan bagian dari komitmen dunia yang mendorong agar seluruh Negara memberi perhatian kepada pendidikan anak usia dini melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SGD).

Facebook Comments

POST A COMMENT.