Ini Manfaat Lain Tersembunyi bagi Menyusui

MEPNews.id – Menyusui adalah yang terbaik. Sudah tercatat ada banyak manfaat menyusui bagi ibu, bayi, atau lainnya. Tapi, masih ada lagi temuan penelitian yang menambah bukti bermanfaatnya menyusui. Kini para peneliti menemukan manfaat baru air susu ibu (ASI) pada bayi; menanam bakteri baik dalam sistem pencernaan.

HealthDay News edisi 21 Agustus 2017 mengabarkan, para peneliti mengkaji 107 pasangan ibu-bayi untuk penelitian tentang manfaat menyusui. Para peneliti menemukan, 30% bakteri baik di saluran pencernaan bayi berasal langsung dari ASI dan 10% dari kulit di payudara ibu.

“ASI adalah cairan menakjubkan yang melalui jutaan tahun evolusi telah tertata sedemikian rupa untuk membuat bayi lebih sehat, terutama sistem kekebalan tubuhnya,” kata Grace Aldrovandi, profesor pediatri dan kepala bagian penyakit menular di Rumah Sakit Anak Mattel University of C, Los Angeles, penulis utama penelitian yang diterbitkan 8 Mei di Journal of the American Medical Association. “Penelitian kami mengidentifikasi mekanisme baru yang berkontribusi untuk membangun bayi lebih kuat dan lebih sehat.”

Selain itu, bayi layak diberi ASI setiap hari bahkan setelah mulai makan makanan padat. ASI ini memberi manfaat berupa bakteri bakteri baik yang terkait dengan kesehatan yang lebih baik, kata Aldrovandi dan rekan dalam konferensi pers di kampus UCLA.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, komunitas bakteri berimbang di usus memainkan peran penting dalam melindungi bayi terhadap penyakit kekebalan. Misalnya, anak-anak yang menderita diabetes tipe-1 memiliki kelainan pada populasi bakteri usus mereka. Bakteri baik di usus tampaknya memberikan perlindungan seumur hidup terhadap alergi, asma dan penyakit radang usus.

“Kami semakin menghargai komunitas bakteri ini –terutama yang di usus– untuk membantu menjaga bayi dari bakteri jahat. Kami tahu dari sistem model hewan percobaan bahwa jika kita memiliki bakteri baik di usus pada awal kehidupan maka kita cenderung lebih sehat,” kata Aldrovandi.

Studi tersebut tidak meneliti bagaimana anak-anak yang diberi susu formula untuk mendapatkan bakteri sehat di usus.

Tim Aldrovandi ingin melakukan penelitian lebih lanjut di bidang ini, termasuk bagaimana penyaluran bakteri melalui menyusui memainkan peran penting dalam respons kekebalan bayi, dan bakteri baik mana yang hilang saat orang-orang yang memiliki penyakit tertentu. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.