Cak Nun: Maiyah Tidak akan Merebut Siapa-Siapa

Padhangmbulan Kaji Binatang-binatang dalam Al Quran

 

MEPNews.id – Maiyah tidak akan merebut siapa siapa. Maiyah bukan wadah, tempat atau organisasi.  Maiyah itu tempat paseduluran.

“Kita berkumpul di Maiyah untuk silaturahim dan paseduluran — ikatan persaudaraan yang murni dan suci,” ungkap Cak Nun dalam Majelis Maiyah Padhangmbulan, Menturo Jombang, Selasa (8/8) malam

Bahkan Cak Nun menggambarkan, kalian yang di NU akan semakin mantap dengan NUnya, kalian yang di Muhammadiyah akan semakin mantap dengan Muhammadiyahnya.

“Saya melihat wajah lugu kalian anak-anak muda yang kumpul seperti ini, tidak ada agenda politik, tidak agenda meningkatkan karier, tetapi semata-mata hanya memohon keridhoan Allah, saya doakan kalian aman duni akhirat,” tegas Cak Nun yang dijawab Amiiin dengan kompak ribuan jamaah.

Mengkaji Hewan

Yang manarik, selanjutnya Cak Nun mengungkapkan topik Maiyah Padhangmbulan mala mini dalam membahas masalah binatang-binatang dalam Al Quran, posisi dan fungsinya.

“Semua yang ditata Allah adalah itu adalah organisme. Itu termasuk alam dan semesta hidupnya binatang. Manusia yang bertugas sebagai khalifah tak punya cara lain dalam mengorganisasi diri dan kehidupannya kecuali meniru organisme Allah tersebut,” tegas Cak Nun memberi pengantar.

Banyak sekali yang dapat diilhami (sebagai pelajaran) dari perilaku dan organisme binatang. Hukum rimba tak buruk. Yang salah adalah meniru hukum rimba secara keliru. Sesudah meniru dan mempelajari organisme dari Allah, selebihnya pekerjaan manusia adalah maintenance dan spiritualitas.

“Organisme yang telah ditata Allah harus dipelajari oleh manusia untuk menciptakan organisasi sesuai kebutuhan hidupnya dengan bercermin pada sistem kemasyarakatan dunia hewan.” Tegasnya.

Cak Fuad dan KH Muzammil kemudian mengkaji sejumlah ayat yang menyebut binatang dalam Al Quran. Dan diaktualkan dalam konteks kehidupan manusia masa lalu maupun masa kini (Imam/MEPNews.id)

Sumber: Caknun.com dan MEPNews.id

Foto/ DK.MEPNews.id

Facebook Comments

POST A COMMENT.