Relawan TBM Nusantara Berkumpul di Jombang

MEPNews.id — Relawan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dari berbagai propinsi, melakukan workshop dan dialog di Kampung Literasi Desa Menturo Sumobito Jombang, 25 sd 28 Juli 2017.

Acara yang diadakan Direktorat Bindiktara Kementrian Pendidikan dan Kebudaan ini berlabel “Peningkatan Kapasitas Pengelola TBM 2017” ini tadi diresmikan Dr Kastum, Kasubdit Keaksaraan dan Budaya Baca Kemendikbud.

“Inillah kesempatan para relawan TBM. Baik belajar dengan sesama peserta, terutama pada pada narasumber yang berkompeten. Baik pak Yusron maupun pemateri lain,” tegas Dr.Kastum.

Kenapa acara diadakan di Kampung Literasi, karena dengan cara inilah akan semakin berkualitas. Baik karena datang langsung ke lokasi yang inspiratif, desa menturo yang maju. anak anak kecil pandai berpidato dan main drama. Ini menunjukkan desa juga menjadi tempat belajar, tegas Pak Kastum.
IMG-20170725-WA0113

IMG-20170725-WA0107

Sementara Yusron dalam sesi pembukaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemendikbud pada dirinya untuk menjadi tuan rumah acara ini. “Saya berharap pertemuan 4 hari ini menjadi pertemuan manfaat. Kita semua guru dan semua murid. Kita semua saling belajar dan saling berbagi.”
Dalam sesion materi “Manajemen TBM” Muh Zainudin dari TBM Ya Latieif Jombang menceritakan pengalamannya sebagai penggerak TBM dimana manajemen yang tertib menjadi kunci utama mengembangkan TBM.

“Kunci utama TBM adalah kreatif. Dan keberanian berbeda menjadi salah satu kunci
utama. Dan salah satu kunci untuk memajukan TBM adalah agar para pengelolanya mandiri. Dan kemerdekan diri sendiri,” tegas Guk Din (mmc)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.