Doktor UI Kembangkan EEG untuk Deteksi Keadaan Emosi

MEPNews.id- Electroencephalogram (EEG) memiliki banyak manfaat, seperti memantau kondisi kesadaran, koma, mati otak, stroke, tumor, epilepsy, emosi dan banyak lainnya. Sinyal EEG untuk diterapkan dalam berbagai bidang baik medis maupun non-medis, karena itu sinyal EEG menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut.

EEG memiliki keunggulan utama berupa kecepatan dibandingkan alat pembaca sinyal otak lainnya seperti Multi Resonance Imaging (MRI) dan Brain Positron Emission Tomography (PET). Dengan EEG pola kompleks dari aktivitas saraf dapat direkam dalam waktu sepersekian detik setelah stimulus diberikan.

Ukuran data yang dihasilkan dari pembacaan alat electroencephalograph (EEG) sangat besar, dan inspeksi visual oleh manusia untuk menganalisis sinyal EEG sangat memakan waktu, rentan terhadap kesalahan, membutuhkan biaya yang tinggi, dan kurang dapat diandalkan.

Dalam penelitian ini, sinyal EEG yang diteliti difokuskan untuk sistem pengenal emosi, karena manfaatnya dalam aplikasi medis maupun non-medis.

Pada bagian ekstraksi fitur dibahas penggunaan metode konvensional ekstraksi fitur berbasis power spectrum yaitu dengan Discrete Wavelet Transform (DWT), dan penggunaan metode baru ekstraksi fitur yang diajukan yaitu analisis bispektrum dengan filter piramida 3D, serta dengan Relative Wavelet Bispectrum (RWB).

Untuk menyelesaikan permasalahan penerapannya pada sistem otomatis pengenal emosi, maka classifier dengan jenis Artificial Neural Network (ANN) digunakan.

Dr. Prima Dewi Purnamasari mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Metode Ekstraksi Fitur Sinyal EEG Berbasis Analisis Bispektrum dan Metode Kecerdasan Komputasional Untuk Sistem Pengenal Keadaan Emosi” pada Sidang Terbuka Promosi Doktor yang digelar pada hari Senin, 3 Juli 2017 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI.

Dengan Promotor Prof. Dr.Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng. serta Ko-Promotor 1, Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng. dan Panitia penguji terdiri dari Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo, DEA., Prof. Dr. Ir. Bagio Budiardjo M.Sc., Ir. Wahidin Wahab M.Sc, Ph.D, Dr. Ir. Dodi Sudiana M.Eng., serta Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom.

Facebook Comments

POST A COMMENT.