Travelling Koq Mabuk? Hajar Saja Dengan Jahe!

MEPNews.id – Meski sudah berusaha sebaik mungkin untuk tetap sehat dan segar saat bepergian, masalah mungkin saja terjadi. Kadang terluka, sakit, atau keracunan makanan. Masalah lain yang sebenarnya sepele namun tidak enak untuk diceritakan adalah MABUK PERJALANAN. Masak di zaman globalisasi begini masih muntah-muntah di kendaraan? Malu dong sama anak kecil!

Kalau terlanjur punya kebiasaan mabuk darat, laut, atau udara, ya manfaatkan saja jamu tradisional. Silakan mengkonsumsi jahe (Zingiber officinale). Kandungan yang terdapat pada jahe berfungsi sebagai anti-mual untuk mengurangi mabuk perjalanan. Coba minum ekstrak jahe sebelum perjalanan; mudah-mudahan perjalanan lancar tanpa diganggu mabuk.

rimpang jaheJahe telah digunakan sebagai pengobatan untuk mabuk perjalanan sejak berabad-abad lalu oleh orang-orang Cina kuno. Di zaman modern, jahe mudah didapat dan murah. Tersedia dalam berbagai bentuk; mulai dari jahe mentah, kapsul jahe, dari snack jahe hingga wedang jahe. Hampir semua bekerja dengan cepat, bahkan saat Anda mulai merasa mual.

Bagi kebanyakan orang, jahe benar-benar aman dan bebas efek samping. Namun, ada kontra indikasi terhadap obat tertentu –terutama obat pengencer darah (misalnya Aspirin). Jahe jangan digunakan pada orang yang dalam proses mengencerkan darah. Namun, secara umum, atau jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak akan memberi efek samping.

Cara termurah dan tergampang mengkonsumsi jahe adalah beli sepotong kecil akar jahe mentah segar di pasar atau supermarket. Kupas lalu kunyah sepotong kecil. jangan langsung ditelan, tapi isap-isap dulu seperti permen. Khasiatnya kuat, namun ada rasa tidak enak yang juga kuat. Jika tidak terbiasa makan mentah, orang bisa kepedasan.

Yang enak, akar jahe mentah diparut dan disedu air panas untuk dijadikan wedang jahe. Minum larutan hangatnya yang sudah ditambah gula atau madu. Selain untuk mencegah mabuk, wedang jahe bisa meringankan gangguan pilek atau badan lelah. Kalau ditambah susu dan telur, efeknya tembah joss…. Begitu juga jika jahe dipadu dengan kopi.

Yang praktis adalah permen jahe. Anda tinggal memasukkan manisan jahe (jahe yang mengkristal) ke dalam mulut lalu mengisapnya. Jangan dikunyah, tapi biarkan saja larut dalam mulut perlahan-lahan. Seperti jahe mentah, jika langsung menelan permen jahe terlalu banyak, Anda bisa-bisa merasakan sensasi tidak enak. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.