Indorunners Surabaya; Ultah ke-5, Jogging 5 Km

MEPNews.id – Minggu pagi 30 April 2017 tampak ada yang berbeda di East Coast Center Pakuwon City, Surabaya. Apa yang membuat kawasan perbelanjaan itu tampak istimewa dibanding hari-hari sebelumnya? Ternyata banyak pelari dari berbagai penjuru kota Surabaya berkumpul merayakan ulang tahun komunitas pecinta olaharaga jogging Indorunners Surabaya.

lari 1

Running man yang gembira mendekati finish dan Niken yang memamerkan medali sebagai 250 finisher.

Acara ini mengusung konsep lari lima kilometer mengitari kompleks perumahan Pakuwon City. Lima kilometer ini memiliki arti ulang tahun kelima Indorunners Surabaya. “Sebenarnya ulang tahunnya 29 April atau Sabtu kemarin. Namun, karena rutin jogging-nya dilakukan Minggu, maka tanggal perayaannya digeser sedikit,” kata Juan David panitia pelaksana.

Acara yang diselenggarakan pukul 6 pagi ini kali pertama bagi Indorunners Surabaya. Pada ulang tahun sebelumnya, hanya ada lari kecil-kecilan dan syukuran tumpeng tanpa perayaan besar. “Kami juga mengundang berbagai komunitas jogging lain seperti Kendos Surabaya, Wee Run Surabaya, dan sebagainya, untuk meramaikan ulang tahun kami,” imbuh David.

Maka, hampir seribu running men hadir di situ. Mereka terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Ada pelari betulan, ada pegawai kantoran, serta mahasiswa yang memanfaatkan waktu senggang Minggu pagi. Seluruh peserta tampak antusias dan menikmati acara ini, meski ada yang kelelahan bahkan harus mendapat perawatan ringan.

lari 2

Peserta yang kram langsung mendapat pertolongan.

Acara ini menyediakan 250 medali bagi yang 250 running man yang mencapai garis finish awal. Untuk mendapatkan medali, para peserta mempersiapkan fisik. Niken, misalnya. Wanita usia 20 tahun yang kuliah di Universitas Negeri Surabaya ini melakukan pemanasan agar tidak kram.

Memang ada sejumlah peserta yang memerlukan bantuan tenaga kesehatan. Ada yang mengalami gangguan kram, ada pula yang dehidrasi. Panitia kesehatan berdiri di setiap pos tikungan jalur lari untuk segera memberikan pertolongan ketika dibutuhkan.

“Acaranya seru, keren, dan luar biasa,” kata Putri, mahasiswi teman Niken yang baru bergabung di komunitas ini.

lari 3

Yang tak kalah penting……selfie!!!

“Seharusnya acara ini diadakan setiap bulan, Mas. Tidak hanya setiap tahun atau event tertentu. Kan kami juga mendapatkan manfaat sehat jasmani. Biar gak cepat stress, hi..hi..hi” ujar peserta lainnya.

Selain merayakan hari jadi, Indorunner Surabaya dengan tagline Mlayuo Cuk juga mengajak masyarakat menjaga kesehatan tetap prima lewat olahraga lari. Komunitas ini rutin latihan Minggu pagi di Car Free Day Darmo, dan Selasa maupun Kamis sore di Delta Plaza.

(Stefanus Ari Wicaksono & M.R Gadjah)

Facebook Comments

POST A COMMENT.