UNNES Adakan Workshop Internasional tentang Batik

MEPNews.id – Dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke 52 Universitas Negeri Semarang (UNNES), Fakultas Teknik (FT) menyelenggarakan kegiatan internasional tentang batik. Kegiatan bertajuk ‘International Workshop on Batik Heritage: Classic and Contemporary’ digelar di ruang Prof. Soedartono gedung dekanat FT pada 18 April 2017.  Sebagaimana dikabarkan unnes.ac.id, acara ini dihadiri 100 peserta dari Indonesia, Malaysia, Prancis, Jepang, Slovakia, Jerman, India, Korea Selatan, Vietnam and Madagascar.

Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya atas upaya FT beserta panitia dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Beliau berharap seluruh peserta dapat memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut.

Dekan FT, Dr Nur Qudus, menambahkan, “Batik merupakan salah satu hasil dari kebudayaan asli Indonesia. Batik juga telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia.”

Dalam workshop itu, Dr Arasinah Kamis dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia, menyampaikan presentasi berjudul “Contemporary Design of Batik”. Sementara batik dan motif tradisional dipaparkan Dr Rodia Syamwil dari UNNES.

Berbagai macam motif batik mempunyai ciri khas yang dapat mempersatukan rakyat indonesia. Bahkan, di acara kenegaraan, para pemimpin sering menggunakan batik sebagai seragam.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.