5 Latihan Mudah untuk Berterimakasih

MEPNews.id – Banyak ajuran dari rohaniwan, banyak temuan para ilmuwan, bahwa bersyukur dan berterimakasih itu bermanfaat untuk akhirat dan untuk dunia. Orang juga sudah sering mengucapkan ‘terima kasih’. Tapi, pertanyaannya, apakah ucapan itu benar-benar tulus? Sebaliknya, apakah ucapan itu hanya basa-basi atau terpaksa? Bahkan, ada orang yang sekadar mengucap ‘terima kasih’ saja susahnya luar biasa.

Memang, orang bisa benar-benar spontan berterima kasih setelah mendapat sesuatu yang menyelamatkan kehidupannya. Misalnya, saat hutang besarnya tiba-tiba dilunasi atau saat diselamatkan dari bencana kebakaran. Namun, ada banyak sekali hal kecil yang tidak terlalu terasa namun sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Hal-hal kecil itu juga patut disyukuri.

Berikut ini lima tips untuk membantu Anda melatih rasa bersyukur dan mau mengucap terima kasih yang semoga beranfaat saat dipraktikkan.

  1. Hargai pasangan

Rasa saling bersyukur dan mengucap terima kasih bisa menjadi semacam lem bagi hubungan Anda berdua. Mengucapkan ‘terima kasih’ untuk hal-hal kecil, apa lagi yang besar, yang dilakukan pasangan dapat memberi keajaiban pada hubungan. Ucapan terima kasih ini terutama berlaku bagi tindakan sehari-hari yang mungkin sering tidak diketahui. Sejumlah studi menunjukkan, pria biasanya lebih kurang peka dibanding wanita dalam hal mengalami dan mengekspresikan rasa terima kasih. Namun, baik pria maupun wanita sama-sama bisa mendapatkan manfaat jika membuat upaya untuk bersyukur atas hubungan mereka. Jangan hanya berpikir mengatakan, tapi lebih baik langsung lakukan sesuatu untuk menunjukkan rasa terima kasih itu.

  1. Sebut orang lain dalam prestasi Anda

Kita biasanya berbangga diri dengan prestasi kita sendiri karena merasa kerja keras kita sudah mencapai hasil maksimal. Tapi, coba fikir baik-baik, apa benar prestasi itu murni hasil kerja keras kita sendiri? Apakah kita sama sekali tidak pernah menerima sedikit bantuan dari orang lain dalam perjalanan meraih prestasi itu? Di sisi lain, orang lain tentu suka mendengar bahwa saran mereka cukup membantu atau bantuan mereka juga bermanfaat bagi Anda untuk mencapai garis prestasi. Jangan malu. Sebutkan peran orang-orang tertentu, biar mereka tahu bahwa mereka memang membantu keberhasilan Anda. Dengan Anda mengucapkan terima kasih, mereka merasa dihargai.

  1. Buatlah daftar syukur

Coba buat daftar hal-hal yang Anda berasa bersyukur. Daftarnya pasti sangat panjang dan melelahkan untuk dicatat. Namun, membuat daftar itu adalah cara mudah untuk meningkatkan emosi positif terkait rasa bersyukur. Buatlah daftar itu kapan saja Anda suka, dengan isi sebanyak atau detail mungkin yang Anda inginkan. Kalau merasa sulit menuliskan, okelah. Namun, luangkan waktu sekarang untuk memikirkan satu atau dua hal Anda merasa patut mensyukuri.

  1. Gunakan bahasa tubuh untuk berterima kasih pada seseorang

Sering, kita mengucapkan ‘terima kasih’ dengn cara kurang antusias, atau mungkin malah sarkastis. Jadi, cobalah lakukan perobahan cara agar pengucapan itu jadi lebih tulus dan merasuk ke dalam hati. Saat mengatakan ‘terima kasih’, ‘thank you’, ‘grazie’, ‘gracias’, ‘merci’, ‘arigatoo’, ‘danke’, atau yang sejenis, lakukanlah dengan gaya. Menggunakan bahasa tubuh adalah cara termudah untuk meningkatkan ucapan ‘terima kasih’ dari level ‘membosankan’ menjadi level ‘membesarkan hati’. Misalnya, Anda boleh sedikit mendekatkan tubuh, sambil tersenyum, atau bahkan dengan menyentuh lengan atasnya, atau setidaknya pastikan Anda memandang mata orang yang Anda beri ucapan. Dengan Bahasa tubuh seperti itu, Anda bisa mengucapkan terima kasih dengan lebih serius dan tulus.

  1. Surat terima kasih

Ini metode lebih nyata untuk berterima kasih. Cobalah menulis surat ucapan terima kasih kepada seseorang yang tidak pernah secara khusus mendapat ucapan terima kasih dari Anda. Saat ini memang jarang orang menulis surat. Namun, surat kertas nyata bisa memberi sentuhan lebih kuat daripada email atau via sosmed. Lewat surat itu, beritahu mereka betapa Anda menghargai apa yang telah mereka lakukan pada Anda. Mereka akan senang menerimanya, dan Anda akan merasa berbesar hati mengirimnya. Jika suratnya diimbuhi kue-kue kecil, itu juga bagus.

Facebook Comments

POST A COMMENT.