Soal Literasi, Bill Gates Terkenang Guru SDnya

(ilustrasi; @rumahpribumi)

MEPNews.id – Kalau Bill Gates disebut sebagai salah satu orang terkaya di dunia, semua orang sudah tahu. Kalau disebut Bill Gates disebut sebagai orang yang kuat membaca, mungkin juga banyak orang yang sudah tahu. Tapi, siapa yang membuat Bill Gates tertantang membaca? Mungkin sangat sedikit orang yang tahu.

Dalam blog pribadinya, Gates bercerita tentang guru itu. Ia menyebut guru itu bernama Mrs Caffiere. Kala pertama bertemu, pendiri raksasa teknologi Microsoft itu masih jadi murid kelas 4 SD yang malu-malu dengan ‘tulisan tangan mengerikan’ dan ‘meja yang berantakan.’

Kala itu, Gates mulai suka membaca. Padahal, membaca dianggap keren untuk anak perempuan tetapi tidak keren untuk anak laki-laki. “Bu Caffiere melindungi saya, dan membantu membuat saya merasa nyaman meski meja berantakan, merasa nyaman meski jadi kutu buku karena membaca banyak buku.”

Selain menjadi guru, Caffiere juga pustakawan sekolah dan suka membaca. Saat Gates berusia sembilan tahun, ia membawakan sejumlah buku lalu meluangkan waktu untuk mendiskusikannya. “Dia menarik saya keluar dari persembunyian dengan berbagi kecintaan pada buku,” begitu yang ditulis Gates.

“Saya belajar banyak dari Bu Caffiere. Guru saya ini punya sangat banyak pengetahuan. Saya cukup bertanya, ia bisa menjawab apa saja. Setelah masuk sekolah lebih tinggi, saya jadi sering bertanya pada guru-guru saya tentang buku yang mereka sukai. Lalu saya baca buku-buku mereka ketika punya waktu luang. Kemudian saya melontarkan pikiran.”

Sampai sekarang pun, Gates masih suka membaca dan meminta orang lain untuk merekomendasi buku bacaan mereka. Salah satunya, ia pernah meminta rekomendasi bacaan pada Warren Buffett. Nah, dari sesama orang terkaya ini, ia pertama kali diperkenalkan pada buku berjudul Business Adventures.

“Lebih dari dua dekade setelah Warren meminjamkan buku itu pada saya, dan lebih dari empat dekade setelah pertama kali diterbitkan, Business Adventures tetap menjadi yang buku bisnis terbaik yang saya pernah baca,” tulis Gates.

Gates dalam setahun bisa menyelesaikan membaca lebih dari 50 buku. Ia selalu menyempatkan waktu untuk membaca, tidak peduli sesibuk apa pun ia pada hari itu. Di rumah, di kantor, di mobil, dalam perjalanan ke mana saja, selalu ada buku untuk ia baca.

Yang tak kalah penting, membaca adalah kebiasaan inti dari orang-orang paling sukses. Berbagai penelitian menunjukkan, membaca buku bisa memberi manfaat dalam berbagai cara.

Facebook Comments

POST A COMMENT.