80.000 Komputer Dibagikan untuk UNBK

Ujian dengan memanfaatkan komputer, seperti di salah sati SMK Kota Batu ini, dinilai biayanya lebih ekonomis. (foto; Andi Bayu, Instagram @andibayu0191)

MEPNews.id – Untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera mendistribusikan 80.000 unit komputer ke sekolah-sekolah. Saat itu 80 persen SMA dan SMK diperkirakan siap melaksanakan UNBK, 30-40 persen SMP yang bisa.

“Awal tahun ini paling lambat akhir Januari kami akan suplai komputer ke sekolah-sekolah. Sebelumnya 40.000 unit, kemudian naik menjadi 80.000 unit,” kata Mendikbud, Muhadjir Effendi, di Medan, 7 Januati 2017, dikutip Merdeka.com. “Semoga UNBK tahun ini lancar. Kendala jaringan dan listrik sudah teratasi.”

Khusus di Sumatera Utara, 360 sekolah sudah mendaftar melaksanakan UNBK. “Kami sudah rapat dengan kabupaten/kota, dan mereka dukung UNBK. Kita harapakan 50 persen sekolah di Sumut bisa ikut UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsjad Lubis. “Memang masih ada kendala, seperti sarana komputer dan ruangan. Nanti kita siasati.”

Sementara itu, untuk penyusunan soal Ujian Nasional (UN), panitia penyelenggara juga sudah siap. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Totok Suprayitno, mengatakan, “Soal sudah siap 100 persen bahkan sebelum moratorium UN,” kata Totok di, Jakarta, 23 Dsember 2016.

Untuk mengoptimalkan UNBK, pernah diwacanakan untuk memaksimalkannya komputer yang ada di daerah. Kepala Dinas Pendidikan(Kadisdik) juga diminta melibatkan perguruan tinggi karena kampus-kampus punya pusat komputer. “Cobalah semua komputer di daerah,” kata Muhadjir, dikutip BeritaSatu.com.

Dijelaskan Muhadjir, mengoptimalkan komputer di daerah bisa menghemat anggaran. Pasalnya, alokasi dana penyelenggaraan UNBK lebih murah jika dibandingkan UN pensil kertas (UNPK).

Tahun ini, setelah pelaksanaan UN, akan ada ujian sekolah berstandar nasional (USBN). USBN merupakan ujian untuk mata pelajaran yang tidak di-UN-kan. Dijadwalkan, UN tingkat SMA/SMK/MA 13-15 April 2017, sedangkan untuk tingkat SMP sederajat dijadwalkan 4-7 Mei 2017. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.