Liburan, Waspadai Tol Brexit

MEPNews.id – Menjelang libur akhir tahun 2016, pintu keluar tol Brebes Timur (Brebes Exit alias Brexit) mulai dipadati kendaraan roda empat dari Jakarta. Kepala Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Polisi Leganek Mawardi, menyatakan kendaraan berplat nomor B memadati Brexit pada Jumat malam 23 Desember.

Biasanya, warga Jakarta selesai bekerja sore hari langsung berlibur atau mudik ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pantauan Kompas.com, rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di pertigaan Brexit pada 17.30 WIB Jumat mencapai 37 mobil. “Memang belum mencapai puncak kepadatan. Namun, kami persiapkan semua jika lalu lintas mulai padat. Rekayasa lalu lintas kami siapkan,” tutur Leganek

Dari pantauan Tempo.co.id, lalu lintas didominasi kendaraan pribadi dengan pelat nomor Jakarta. Kepadatan juga terjadi di jalur Pantura dari Brebes hingga Kota Tegal sepanjang tiga kilometer. Kendati begitu, polisi belum memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Antonius, pemudik usia 35 tahun, mengatakan sepanjang perjalanan dari Jakarta arus lalu lintas cenderung lancar dan tidak ada hambatan berarti. Hanya sempat terjadi antrean di pintu tol Brebes Timur. “Tadi menunggu setengah jam,” kata pemudik asal Temanggung, Jawa Tengah, itu.

Kepolisian mengimbau para pengendara agar tidak mengandalkan jalan tol. Hal itu agar arus kendaraan di jalan tol dan jalur Pantura seimbang. Tidak timpang seperti libur Lebaran tahun lalu.

Facebook Comments

POST A COMMENT.