10 Advis Saat Kena Macet Liburan

(foto; Ilham Wira Kusuma, Instagram @wirakusuma71)

MEPNews.id – Liburan akhir tahun memang layak dinikmati. Antara lain dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat menarik. Tapi, apa yang terjadi jika ternyata ada begitu banyak orang lain yang juga melakukan perjalanan untuk liburan? Tentu saja terjadi kemacetan. Dalam waktu singkat, jalan menjadi penuh dengan kendaraan. Jauh lebih padat daripada hari-hari biasa. Menjengkelkan sekali, bukan?

Tenang. Jangan rusak suasana liburan Anda dengan perasaan jengkel pada kemacetan. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan saat terjebak kemacetan;

  1. Jaga sikap.

Tetap sabar, jaga kesopanan, bersikap yang benar. Harus disadari, kemacetan pada saat-saat seperti ini sudah rutin terjadi. Meski lelah, jangan gampang terpancing emosi. Woles saja. Tidak ada yang lebih nyaman dilakukan kecuali duduk dan menunggu. Positifnya, Anda bisa menikmati beberapa jam waktu luang!

  1. Beri kabar.

Sesegera mungkin informasikan pada keluarga, pacar, teman, boss, atau siapa pun yang menunggu. Ini penting untuk koordinasi atas rencana-rencana yang mungkin dilakukan saat liburan. Manfaatkan ponsel untuk berkomunikasi dan menyampaikan kabar. Informasi Anda bisa menjadi berita agar orang lain bersiap menghadapi kemacetan.

  1. Hemat energi.

Jika benar-benar macet, kemudian tidak sedang kepanasan, ada baiknya untuk mematikan mesin dalam beberapa menit. Ini bisa menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi.

  1. Dengarkan radio

Ada beberapa stasiun radio yang menyampaikan kondisi lalu lintas dan memberi informasi tentang rute alternatif di sekitar kawasan kemacetan. Tapi ingat, radio juga memerlukan energi. Jangan sampai aki habis dan kendaraan Anda justru menjadi biang kemacetan lalu lintas!

  1. Sadar sekitar.

Mungkin saja terjadi kemacetan parah, dan Anda tertidur. Ketika yang lain mulai bergerak, jangan jengkel jika Anda dibangunkan dengan kasar oleh pengemudi lain.

  1. Jangan bunyikan klakson.

Sadari, bunyi klakson bisa membuat orang jadi stress. Dalam kondisi macet yang sudah penuh tekanan, jangan menambah tekanan dengan berlebihan membunyikan klakson. Dalam kemacetan, orang rata-rata sadar kondisi. Jangan menambah kebisingan dengan suara-suara tak berguna dari klakson Anda.

  1. Isi waktu.

Baca buku, majalah, jurnal atau isi teka-teki silang di dalam kendaraan. Ini bisa membantu mengisi waktu.

  1. Berkomunikasi dengan pengendara lain.

Jika tidak mengetahui sumber kemacetan lalu lintas, buka jendela dan tanya pada pengendara lain. Siapa tahu ada yang memberi kabar tentang kecelakaan, tumpahan oli, atau ada pembangunan jalan di kejauhan.

  1. Jangan keluar dari kendaraan.

Jika tidak ada hal yang sangat mendesak, jangan pernah tinggalkan kendaraan. Berdiri di jalan bukan ide yang baik, bahkan ketika semua kendaraan berhenti. Anda tidak pernah tahu kapan kemacetan terurai.

  1. Siapkan camilan.

Ketika berkendaraan untuk liburan, atau pada hari-hari biasa, biasakan membawa cemilan dan minuman. Khasiat cemilan antara lain membuat lambung terus terisi dan memberi energi darurat. Begitu juga dengan minuman yang bisa menghindari dehidrasi. Namun, jaga agar tidak kebanyakan minum sehingga jadi pingin pipis. (tom)

Facebook Comments

POST A COMMENT.