Lises Unpad Dokumentasikan Topeng Benjang Ujungberung

MEPNews.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkung Seni Sunda (Lises) Universitas Padjadjaran melaksanakan penelitian dan pengembangan budaya Sunda. Lises Unpad melakukan dokumentasi budaya Topeng Benjang di daerah Ujung Berung, Bandung. Dokumentasi dilakukan beberapa hari untuk memenuhi data, dimulai 29 Oktober 2016 kemudian dilanjutkan 3-4 Desember 2016.

Benjang merupakan seni tradisi Tatar Sunda, yang terdiri dari Benjang Helaran, Benjang Topeng, dan Benjang Gulat. Awalnya dari Benjang Gulat. Kemudian, Benjang Helaran digelar untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa akan dilaksanakan Benjang Gulat. Namun, karena ada kekosongan waktu antara Benjang Helaran dengan Benjang Gulat, digelarlah Topeng Benjang.

topeng-2

Karakter Satria

Topeng Benjang terdiri dari empat karakter; Putri, Emban (menyon), Satria, dan Rahwana. Karakter pada topeng ini mewakili setiap sifat manusia. Putri memiliki sifat baik hati, Emban berkarakter lucu dan menghibur, Satria memiliki karakter gagah berani, dan Rahwana memiliki sifat jahat.

Awalnya Topeng Benjang dimainkan seorang lelaki untuk empat karakter. Seiring waktu, Topeng Benjang dapat dibawakan perempuan. Keempat karakter Topeng Benjang pun dapat dibawakan empat orang berbeda.

Pada Benjang yang dibawakan satu orang, penampil mengenakan kostum ditumpuk. Aksesoris di kepalanya tidak menggunakan sanggul, tapi hanya ditutup kain, untuk mempermudah pergantian karakter. Pada Benjang yang dibawakan orang berbeda, warna kostum lebih diperhatikan dan disesuaikan karakter. Putri menggunakan kostum putih, Emban merah, Satria lebih dominan warna hijau, dan Rahwana menggunakan warna merah.

topeng-3

Karakter Rahwana

Pergeseran juga terjadi pada durasi tarian. Dulu, dulu tarian ini berlangsung sekitar dua jam, di mana pergantian karakter dilakukan tiap 25 menit. Saat ini, setiap karakter Topeng Benjang memiliki durasi 3-4 menit. Lebih bebas dalam pergnian karakter.

Topeng Benjang memiliki ciri khas. Dalam gerakannya terdapat senggolan, angin-angin, dan mincid benjang. Satria dan Rahwana melakukan gerakan silat untuk memberitahu bahwa setelah Topeng Benjang terdapat Benjang Gulat. Pada karakter Emban pun terdapat gerakan silat, namun dibuat main-main untuk menghibur.

Ciri khas lain dari Topeng Benjang adalah tangan yang selalu mengepal hampir di setiap gerak. Bentuk kepalan tangan ini lambang kekuatan atau keperkasaan pria.

Facebook Comments

POST A COMMENT.