Ini Dia ‘Ayam Piri Piri’ dari Mozambik

Ayam piri piri hanya paha dipadu dengan gandum, kacang, jagung, dan sayur serta sejumlah saus di restoran Nando. (Foto; Nina, re-post Instagram @foodie_nina)

MEPNews.id – Mozambik ada di Afrika tenggara berbatasan Afrika Selatan. Butuh sekitar sehari terbang transit dari Jakarta ke Maputo ibukota Mozambik. Bekas jajahan Portugal ini termasuk salah satu negeri miskin. Merdeka pada 1975, kemudian dilanda perang saudara. Perdamaian baru mulai didapat 1992.

peri-peri-tiggi

Ada sate jumbo ayam piri piri di Restoran Nando’s. (foto; Manas Singh Rathore, re-post Instagram @manas.singh.rathore)

Meski demikian, Mozambik punya banyak makanan lezat. Ciri makanannya campuran dari cita rasa Afrika, Portugis, oriental dan Arab. Di ibukota Maputo, banyak retoran dan kaki lima yang menyajikan makanan dengan bumbu kencang, piri piri pedas, santan kental, hingga gurihnya kacang.

Coba mampir di Galinha à Zambeziana, ikon restoran Maputo. Ada ayam dipanggang dengan air kapur, merica, bawang putih, santan dan saus piri piri. Oleh wisatawan, ini disebut ‘ayam piri piri’. Ayam utuh seekor ini secara tradisional disajikan dengan matapa, yakni daun singkong dimasak dalam saus kacang.

Piri piri adalah Bahasa Swahili yang merujuk pada ‘lada lada.’ Ini adaptasi dari bahasa Portugis untuk ‘paprika’. Namun, dalam prakteknya, saus piri-piri tidak hanya berbahan lada. Apa saja yang sangat pedas, termasuk dari cabai, dapat disebut sebagai saus piri piri. Maka, ayam panggang piri piri tentu pedas.

Resep asli Mozambik untuk ayam peri peri membutuhkan ayam utuh yang tulang punggungnya dilepas. Daging ayam dijepit hingga pipih lalu dibakar di atas api arang hingga matang

peri-peri-namlesssingh

Ayam panggang tanpa tulang yang perlu sentuhan piri piri. (foto: Gobs Sura, re-post Instagram @namlesssingh)

atau bahkan setengah gosong. Ayam panggang ini dibuat jadi istimewa dengan saus piri piri.

Racikan untuk membuat piri piri dahsyat bergantung pada selera si pemasak. Ada resep Mozambik, membuat saus piri piri membutuhkan cuka putih, lemon segar, air jeruk nipis, minyak zaitun dan bawang putih cincang, cabai merah atau lada pedas, garam, dan sedikit paprika. Semua bahan mentah cukup dikocok keras lalu dituangkan ke atas ayam panggang.

Penyajian di restoran bisa bergantung selera. Misalnya, ayam piri-piri dipadu dalam satu piring dengan jagung, jamur, dan sayur-mayur. Ada juga ayam panggangnya dipotong-potong dan ditaruh dalam satu mangkuk besar, di sebelahnya adapiri piri dan nasi. Ada juga yang daging ayamnya ditusuk seperti sate besar.

Apa pun cara penyajiannya, ayam panggang piri piri boleh disebut sebagai makanan khas Mozamik. Meski ada restoran di luar negeri mengadaptasi ayam piri piri dengan selera dan kultur mereka, yan original tentu lebih nyaman. Apa lagi jika dinikmati di pantai dengan es kelapa muda.

Facebook Comments

POST A COMMENT.