Ini Lho Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Ayo, jangan ragu untuk melepas alas kaki demi meningkatkan kesehatan dan melepas stress. (image by Oregon girl via Instagram @barefoot_adventuress)

 

barefoot-matefulopgodu

Image by Máté Fülöp via instagram @matefulopgodu

MEPNews.id – Orang kota mungkin sudah sangat jarang berjalan dengan telanjang kaki. Padahal, berjalan tanpa alas kaki itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ayo, jangan ragu untuk lepas sandal atau sepatu agar telapak kaki bersentuhan langsung dengan permukaan bumi. Semakin sering, manfaatnya semakin banyak.

Yang paling bagus adalah telapak kaki kontak langsung dengan permukaan tanah. Boleh di rerumputan atau di tanah, pasir, dan bebatuan luar rumah. Tapi, ketika tidak memungkinan, silakan saja di rumah. Bila punya lantai kayu, itu bagus. Bila lantai keramik, lebih bagus yang kasar atau bergelombang.

Bertelanjang kaki saat berjalan itu bermanfaat besar bagi kesehatan fisik dan pikiran. Mengapa? Ada banyak ujung saraf di telapak kaki. Ketika kontak dengan tanah, itu bisa menghilangkan unsur-unsur berbahaya dari tubuh sekaligus mengurangi stres dan kecemasan. Berikut ini, menurut situs kesehatan alami steptohealth.com, sebagian manfaatnya;

  • Secara tak langsung, kontak langsung antara kaki dengan tanah ini bisa mendorong rasa bahagia. Orang menjadi lebih bersyukur karena yakin kakinya masih berfungsi dengan baik.
  • Merangsang sirkulasi darah. Syaraf di telapak kaki merangsang otak dan pembuluh darah untuk bekerja. Ini memungkinkan oksidasi lebih baik sehingga seluruh tubuh lebih segar.
  • Memungkinkan tubuh untuk dengan mudah menghilangkan lemak dan racun dalam jumlah lumayan banyak.
  • Memperkuat sistem saraf sekaligus menghilangkan stres, depresi, dan neurosis.
  • Mencegah varises, karena jalan kaki telanjang memperkuat sistem vena dan memungkinkan distribusi nutrisi lebih baik di seluruh tubuh.
  • Ketika berjalan tanpa alas kaki, Anda menempatkan tekanan pada boleh dikata semua titik ujung syaraf yang terhubung ke berbagai organ dalam tubuh. Ini memungkinkan tubuh memulihkan diri dari sejumlah penyakit yang disebabkan terhalangnya kanal-kanal energi.

Pernah dengan terapi yang disebut refleksologi? Terapi ini bertujuan membebaskan energi yang terakumulasi namun tidak mengalir secara alami. Bila energi tidak mengalir, itu menyebabkan banyak jenis penyakit terutama sistem saraf yang melenceng. Dengan menekan titik-titik strategis di telapak kaki, aliran energi yang mecet itu dilancarkan kembali.

Nah, ketika berjalan kaki tanpa alas, titik-titik strategis ini secara alami ditekan. Ini memungkinkan Anda jadi lebih santai dan kesehatan jadi membaik. Kalau bisa, lakukan ini di atas rumput. Kalau di lantai datar dan licin, rasanya sulit untuk menekan ujung-ujung syaraf.

Meski demikian, Anda juga harus hati-hati ketika berjalan dengan telanjang kaki di alam terbuka. Pertama, ada unsur-unsur tertentu di tanah yang dapat meluai atau menginfeksi kaki. Kedua, mulailah kebiasaan berjalan telanjang kaki sedikit demi sedikit. Saat otot lebih kuat, silakan tingkatkan durasi jalan-jalan ini. (tom)

 

Facebook Comments

POST A COMMENT.