Indonesia Sudah Bangun Sekolah untuk Rohingya

MEPNews.id – Sudah lama Indonesia memberi perhatian pada komunitas Rohingya di negara Myanmar. Setidaknya, pada 2013, Indonesia sudah membantu pendirian sekolah di negara bagian Rakhine tempat orang Rohingya tinggal. Sekolah ini untuk orang Rohingya dan etnis asli Myanmar.

“Di lapangan, pemerintah Indonesia telah membuat sekolah baik buat orang Islam dan orang non-Islam di Rakhine State,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir  di Jakarta, yang dikutip LKBN Antara, 21 November 2016.

Ia menjelaskan, Indonesia punya kontribusi besar dalam menciptakan perdamaian di Rakhine antara pemeluk Buddha dan umat Rohingya. Kontribusi ini dibuktikan dengan pembangunan sekolah untuk berbagai etnis. Selain itu, Indonesia juga aktif membantu Myanmar dalam demokratisasi dan memajukan prinsip HAM.

Pembangunan sekolah Indonesia di Myanmar berlangsung sejak 2013. Total ada tiga unit sekolah dibangun di Rakhine. Demi membangun sekolah tersebut, pemerintah Indonesia mengucurkan dana sebesar USD 1 juta.

“Bantuan itu sebagai upaya penyelesaian masalah di Rakhine State yang tengah mengalami konflik komunal,” kata Duta Besar Indonesia untuk Republik Uni Myanmar ketika itu, Sebastianus Sumarsono, dikutip Antara News. Myanmar cukup terbuka menerima bantuan dari Indonesia. (*)

Foto; Anak Rohingya di Myanmar yang selalu mendapat tekanan.

(United Nations Human Rights via instagram@unitednationshumanrights)

Facebook Comments

POST A COMMENT.