Sekolah Vokasi Wisata khusus Cina akan Didirikan di Sulsel

MEPNews.com – Untuk melayani wisatawan dari Cina, Pemerintah Indonesia akan membuat sekolah vokasi khusus. Sekolah ini akan didirikan di Provinsi Sulawesi Selatan mengingat Pemerintah Daerah setempat sudah bersiap. Hal ini dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi, di sela Rakernas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, 21 November 2016.

“Saya sudah bicara dengan Gubernur Sulawesi Selatan. Nanti di salah satu kotanya kita dirikan SMK khusus yang lulusannya kita siapkan melayani wisatawan dari Tiongkok,” kata Muhadjir, dikutip Liputan6.com. “Kita akan mulai 2017.”

Di sekolah vokasi ini, siswa akan mendapat pendidikan mulai dari Bahasa Cina, beradaptasi dengan dengan budaya Cina, hingga memasak Chinese food. “Nanti murid-muridnya kita kirim ke Tiongkok agar saat masuk ke dunia kerja punya kompetensi khusus,” kata ia.

Ada 7 juta wisatawan ke Sulawesi Selatan pada 2015. Jumlah ini melampaui target pemerintah daerah yang hanya 5,5 juta. Untuk memaksimalkan penerimaan devisa dan perputaran ekonomi di sektor ini, pemerintah Sulsel meningkatkan upaya mendatangkan wisatawan antara lain membuka penerbangan langsung Makassar ke beberapa kota di Cina.

Pada saat hampir bersamaan, Anies Baswedan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang kini jadi calon gubernur DKI Jakarta, menjanjikan SMK jurusan pariwisata dan kelautan unggulan di Kepulauan Seribu. “Ini untuk menyiapkan tenaga kerja pendukung aktivitas ekonomi,” kata Anies, di Posko Pemenangan Anies-Sandi, di Jakarta, 9 November 2016.

Anies mengatakan, pendidikan di Kepulauan Seribu jauh tertinggal dibandingkan wilayah lain di DKI Jakarta, bahkan kota-kota yang jauh dari Ibukota.”Angka partisipasi murni untuk SMA sederajat hanya 34,99 persen. Posisi itu jauh lebih rendah dibandingkan kabupaten/kota yang jauh dari Jakarta, misalnya yang ada di Papua,” kata Anies, dikutip Pilkada Liputan6.com.  (*)

Foto; Instagram@threehousesmihiripenna

Facebook Comments

POST A COMMENT.