HI UPN V Jatim, Syukuran sambil Pelatihan Table Manner

MEPNEWS.ID – Ada haru, ada lucu, ada khidmat dalam pelatihan table manner Program Studi Hubungan Internasional (HI) UPN Veteran Jatim. Kuliah praktik yang dihadiri 65 dosen dan mahasiswa mewakili Himpunan Mahasiswa HI, aktivis Laboratorium HI, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, dan peserta mata kuliah tertentu. Acara di Hotel Luminor di Surabaya itu diselipi pembubaran panita lomba ulang tahun Program Studi, dan perpisahan dosen.

Bagi mahasiswa HI, pelatihan table manner diperlukan untuk persiapan menghadapi kehidupan sejati di luar kampus. Para mahasiswa dikenalkan tata karma jamuan makan yang sangat mungkin dijumpai di jagad diplomasi, lobi, presentasi, dan berbagai aktivitas sejenis. Bagaimana sikap duduk di depan meja, bagaimana berkomunikasi menggunakan sendok, garpu, dan pisau, bagaimana makan beradab, dan lain-lain. Adab table manner antara lain jangan meniup-niup sup panas tapi silakan mengaduknya pelan.

Sebelum pelatihan table manner, acara diisi pembubaran panitia aneka acara ulang tahun HI UPN V Jatim. Acara meriah dengan banyak tepuk tangan. Namun, suasana jadi haru tatkala ada dosen yang memberi sambutan sambil mengumumkan pengunduran diri. “Saya mestinya tidak berpanjang-lebar berbicara di sini. Saya bisa nangis,” kata Sarah Anabarja, yang punya rencana segera ke Taiwan mencari bea siswa doktoral sekaligus mengikuti suami yang sudah mendapat bea siswa di sana.

Berikut, gambar-gambar yang mencerminkan suasana itu;

cowok

Para cowok HI; Ridwan dan kawan-kawan.

 

cewek

Para peserta lain juga siap mendapatkan materi.

 

Acara dibuka Prihandono Wibowo selaku Koordinator Program Studi ilmu Hubungan Internasional. Pesannya singkat efektif waktu.

 

Juga ada ‘kejutan’ teleconference antara dosen di Surabaya dengan dosen di Waseda University di Tokyo. Acara ini dibuat dadakan sehingga yang dibicarakan sangat spontan.

 

sajian-3

Kira-kira, seperti ini makanan yang dihadapi. Cemilan pembuka berupa roti, makanan penggugah selera berupa lalapan, makanan utama daging ayam, dan makanan penutup cemilan tiramisu. Semua disajikan bergaya Eropa kontinental.

 

dibimbing

Selain petunjuk umum yang diberikan instruktur di depan, petunjuk praktis diberikan pembimbing di samping meja makan.

 

“Makannya harus rapi. Jangan belepotan. Nanti dapat nilai C, lho,” begitu canda yang dilontarkan salah seorang dosen untuk mencairkan suasana.

 

dosen- HI

Usai acara, tidak lupa foto-foto bersama. Hurray….

Facebook Comments

POST A COMMENT.